Menghemat Air Dimulai dari Rumah Anda

cara mudah hemat air di rumah
cara mudah hemat air di rumah
cara mudah hemat air di rumah

Air mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita, sekitar 70 persen dari permukaan bumi tertutup dengan air. Walaupun tampak berlimpah, sebagian besar diantaranya adalah air laut yang tidak bisa langsung kita gunakan. Hanya kurang dari 1 persen air bersih yang dapat diakses dan bisa kita gunakan sehari-hari untuk mandi, minum dan mencuci. Oleh karenanya, menghemat air sangatlah penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan membantu menghindari terjadinya kelangkaan air.

Menghemat air ternyata sangat mudah dan bisa dimulai dari rumah Anda. Mari kita lihat apa saja yang bisa kita lakukan.

Awali dari Hal-Hal Kecil

Mungkin hal-hal ini terlihat sepele dan tidak memboroskan air terlalu banyak. Namun, jika terjadi secara terus menerus, hal ini akan menyebabkan pemborosan air yang cukup besar.

• Cek kebocoran di semua keran dan pipa. Walaupun kecil, kebocoran di keran atau pipa di kamar mandi atau dapur bisa memboroskan air hingga 15 liter air per menit atau 5500 liter per tahun.

• Matikan keran saat menggosok gigi dan hanya nyalakan lagi saat diperlukan. Hal ini dapat menghemat air hingga 6 liter per menit. Mandi dengan shower dalam waktu yang lebih singkat juga akan menghemat banyak air.

• Jika kloset duduk Anda mempunyai dua tombol penyiraman, biasakan menggunakan tombol yang mengeluarkan air lebih sedikit jika tidak benar-benar memerlukan jumlah air yang banyak.

Menghemat Air saat Menggunakan Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang membutuhkan air bersih dalam jumlah banyak tetapi sangat bermanfaat dalam membantu meringankan tugas kita. Tips-tips berikut dapat dicoba agar Anda menggunakan mesin cuci dengan lebih efisien dan meminimalkan pemborosan air.

• Beli mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Jika Anda memiliki jumlah anggota keluarga yang cukup banyak, memiliki mesin cuci berkapasitas kecil akan mengharuskan Anda melakukan beberapa kali pencucian yang pada akhirnya memboroskan lebih banyak air. Lakukan perbandingan mesin cuci yang ada di pasaran untuk mencari mesin yang sesuai untuk keluarga Anda. Selain menghemat air, Anda akan menghemat banyak waktu, tenaga dan juga biaya.

• Mencuci dengan beban penuh

Pada pengaturan normal, mesin cuci akan menggunakan air dengan jumlah tetap dalam setiap pencucian. Jadi walaupun Anda hanya mencuci beberapa helai pakaian, mesin cuci akan mengkonsumsi jumlah air yang sama seperti jika Anda memasukkan pakaian hingga penuh ke dalam mesin cuci. Kapanpun memungkinkan, tunggu hingga Anda memiliki banyak cucian sebelum mulai mencuci. Buku petunjuk akan memberitahu beban maksimal cucian yang disarankan.

• Maksimalkan fitur yang ada di mesin cuci Anda

Beberapa mesin cuci modern sudah memiliki fitur water saving (hemat air) yang dapat mengurangi atau mengontrol jumlah air yang digunakan per cucian. Jika mesin cuci di rumah Anda mempunyai fitur ini, ada baiknya digunakan untuk mencuci pakaian sehari-hari.

Investasikan Uang Anda untuk Alat Rumah Tangga yang Berkualitas

Jika ada rencana untuk membeli perabotan atau alat-alat rumah tangga baru, ataupun sudah saatnya mengganti barang-barang yang ada di rumah, ada baiknya Anda menginvestasikan uang Anda pada produk-produk berkualitas yang dapat menghemat air dalam jangka panjang. Sudah banyak produsen alat-alat rumah tangga yang menggeluarkan produk dengan fitur hemat air. Disamping mesin pencuci piring (dishwasher) dan mesin cuci yang sudah dikenal dalam memiliki fitur hemat air, beberapa alat rumah tangga kecil lainnya mulai meniru tren produksi ini. Contohnya beberapa kepala selang air mandi dan kepala selang air untuk menyiram tanaman dari merek berkualitas juga memiliki model yang dapat membantu menghemat air.

Dengan melalukan hal-hal kecil ini , Anda dapat menghindari pemborosan air yang sekiranya dapat digunakan untuk kelangsungan hidup generasi selanjutnya.

 

Semoga bermanfaat

 

 

Artikel ini dikirim Oleh

Rinso.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.