Work Smart, Not Hard

women workingKatanya orang yang pengen punya pengaruh di dunia perlu terus untuk menambah pengetahuan. Dan katanya, seiring jaman yang berubah dengan cepat, kita harus sigap beradaptasi agar bisa bertahan pada pekerjaan dan karir. We need to work more smartly and efficiently.

Semua alasan di atas benar adanya. Tidak perlu alasan mau menguasai dunia untuk menjadi perempuan yang smart and up-to-date. So, follow these tips from Sharing Di Sini and grow!

1. Banyak baca. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menambah pengetahuan dengan membaca, dari buku, majalah sampai blog. Memang sepertinya banyak hal yang lebih perlu dilakukan dibanding meluangkan waktu untuk duduk dan membaca, dari cucian yang menumpuk sampai deadline yang menunggu. Tapi membaca bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan. Sambil menunggu cucian kering, misalnya. Atau di sela waktu istirahat.  Atau sambil menjaga anak yang sedang bermain atau malah Anda bisa mengajak anak dalam aktivitas ini untuk melihat informasi pengetahuan maupun informasi di internet bersama anak.

2. Berpikiran terbuka. Semua orang membahas betapa pentingnya memiliki pikiran yang terbuka alias open minded. Tapi inti sebenarnya adalah seberapa banyak hal tersebut bisa memengaruhi potensi Anda. Banyak kesempatan lewat karena kita stuck pada pola pikir, atau takut untuk mengambil resiko. Asalkan tidak berbahaya, take the risk. Be confident. Percaya pada kemampuan diri Anda sendiri, dan yakin bahwa Anda pasti bisa. Kemungkinan terburuk adalah Anda melakukan kesalahan. But you can always learn from your mistake.

3. Tambah perbendaharaan kata. Kebanyakan orang menambah koleksi kata saat masih sekolah. Tapi, sebenarnya terus menambah perbendaharaan kata seumur hidup akan membantu Anda menambah kemampuan mempelajari dunia. Banyak kamus online yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan word of the day.

4. Cari perspektif dan situasi baru. Semakin banyak cara pandang yang Anda pelajari, semakin banyak Anda mendorong batasan yang ada pada pikiran Anda. Salah satunya dengan mencoba mengikuti cara berpikir seseorang, melihat segala sesuatu dari cara pandang mereka. Dari hal kecil seperti mendengarkan musik yang tidak biasa Anda dengar atau yang lebih besar seperti mengubah rutinitas. Misalnya pesan menu yang berbeda, order menu kopi yang belum pernah kamu cicipi saat hangout, atau memilih rute jalan yang berbeda untuk ke kantor.

5. Minta apa yang Anda inginkan. Jangan kaget. Masih banyak orang yang takut untuk meminta apa yang mereka inginkan. Dengan berbagai alasan seperti takut ditolak dan malu. Kadang, agar bisa mendapatkan yang Anda inginkan, kita harus berani untuk meminta pertolongan orang. Bukan berarti jadi bergantung pada orang lain atau bersikap bossy, tapi bekerja sama sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dibanding kalau melakukannya sendiri.

6. Bersiap dengan globalisasi. Memerhatikan perkembangan yang terjadi akan membantu kita lebih aware dengan perubahan dan siap saat menghadapi perubahan. Apalagi kita sekarang hidup di era yang cepat sekali berubah, terutama dalam hal cara sebuah bisnis atau pekerjaan diselesaikan. Sebagai konsekuensinya kita perlu untuk bekerja lebih cerdas dan efisien dalam pembagian waktu. Selalu tanggap dengan perubahan yang ada serta mudah beradaptasi bisa membuat kita bertahan di dunia kerja yang kita tekuni.

7. Fleksibel dan perluas cara pandang. Mudah beradaptasi adalah kuncinya, selain terbuka pada perubahan dan selalu melihat ke depan. Hanya memikirkan apa yang sedang dihadapi tidak akan membantu. Coba kembangkan cara pandang dengan melihat the big picture. Misalnya dalam pekerjaan, coba lihat bagaimana hasil kerja Anda memengaruhi goal perusahaan. Dan kalau Anda masih membangun karir, coba seimbangkan kemampuan yang Anda miliki dengan perkembangan di bidang Anda.

8. Mengubah respon. Saat ingin melakukan sesuatu, jangan berpikir, just do it. Banyak kesempatan yang terlewat hanya karena kita tidak bisa mengambil keputusan. Kita terpaku pada usaha untuk mencari semua fakta dan menambah pengetahuan dan pengalaman sebelum bertindak. Sebenarnya, banyak pengalaman yang datang dari mencari jawaban atau solusi dari kesalahan dan meraih hasil yang jauh dari sempurna. Instead of thinking “I don’t know,” think “I’ll figure it out.” Sehingga bisa membantu Anda mengatasi rasa takut.

9. Be yourself. Percaya pada apa yang Anda miliki dan jangan berusaha jadi orang lain. Keahlian Anda tidak terpaku pada apa yang ada di CV atau apa yang menjadi job-desc-Anda. Saat Anda mengamati apa yang bisa Anda jual, coba buat daftar kebisaan yang bisa membantu Anda memenuhi kualifikasi untuk pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang serta memberikan Anda kesempatan lebih besar dibanding pesaing Anda.

10. Bantu orang lain mencapai kesuksesan. Salah satu cara untuk meraih potensi tertinggi adalah membantu orang lain. Sehingga saat Anda perlu bantuan, mereka dengan senang hati membantu Anda. The more you give of yourself to others, the more value you create. The more value you create, the more other people will want to give value back to you. Dengan membantu banyak orang, Anda akan menciptakan network luas yang nantinya bisa balik membantu Anda. Work smart, not hard. Dengan bekerja secara cerdas Anda bisa menghemat waktu.

Working smart adalah dengan konsentrasi dan meluangkan waktu untuk belajar terus menerus. Hati-hati, jangan sampai terjebak dan malah jadi terobsesi untuk mengulang serta memeriksa setiap detil. That’s obsession.

Aim high and reach for the stars!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.