Unik! 5 Jasa Servis (Perbaikan) Skala Kecil yang Sering Dijumpai di Sudut Kota

Jasa Servis

Tahukah Anda, di sekitar wilayah Anda sering dijumpai tukang servis (perbaikan) kecil-kecilan? Ada beberapa tukang servis yang sering dijumpai di wilayah atau kampung Anda diantaranya yaitu servis (perbaikan) kulkas, TV dan radio, AC, HP (Handphone) dan motor.

Jasa Servis
Jasa Servis

Terutama di Indonesia, jasa perbaikan ini menjadi ciri khas Indonesia. Biasanya yang sering kita jumpai jasa servis skala kecil ini berada di desa atau kampung atau di wilayah kelurahan suatu kota ataupun di sudut kota. Jasa perbaikan ini biasanya memiliki harga jasa yang murah dan bersahabat namun memiliki hasil yang cukup memuaskan.

1. Jasa Servis Kulkas

Saat ini sudah banyak rumah tangga yang memiliki kulkas. Oleh karena itu, tukang servis ini penting keberadaannya. Mulai dari servis kulkas ukuran kecil sampai ukuran besar untuk restoran. Tukang servis ini pun harus mengikuti perkembangan teknologi terbaru dari berbagai jenis kulkas yang ada di pasaran agar dapat memperbaiki kulkas pelanggan dengan lebih baik.

 

2. Servis TV dan Radio

Dahulu, tukang servis ini yang paling banyak ada dan paling banyak dicari. Namun saat ini kalah dari tukang servis HP (Handphone) yang sering menerima kebanyakan order karena pengguna HP sudah semakin banyak. Tukang servis ini juga menemui tantangan tersendiri dalam menghadapai teknologi TV baru seperti TV LCD dan TV LED. Profesi ini menuntut untuk terus belajar teknologi televisi terbaru.

 

3. Jasa Servis AC

Tukang servis ini tergolong baru karena dahulu belum banyak yang memiliki AC terutama di kampung-kampung. Namun, saat ini sudah banyak yang menggunakan AC dan jasa servis ini pun semakin populer. Tukang servis AC ini biasanya selain menjual jasa servis juga melayani jual beli AC dan rental AC. Biasanya mereka bekerjasama dengan toko yang menjual AC dan rental AC sehingga tidak memerlukan modal yang besar untuk berjualan AC selain jasa servis tentunya.

 

4. Servis HP (Handphone)

Ini nih tukang servis yang sedang naik daun. Semakin banyaknya orang yang memiliki HP maka semakin banyak pula orang yang mengalami rusaknya HP mereka. Nah, si tukang servis inilah yang dapat memperbaiki itu semua. Tukang servis ini terdapat di berbagai tempat seperti di mall, plaza, kampung dan di desa juga ada.

 

5. Jasa Servis Motor

Penjual jasa ini juga banyak diminati untuk digeluti karena semakin banyak orang yang memiliki motor dan butuh perawatan serta perbaikan. Selain itu, penghasilan yang didapatkan pun lumayan. Jasa servis ini bahkan kadang dibuka di rumahnya sendiri, biasanya lahan kosong di samping atau depan rumah yang dipakai.

 

Itulah lima jasa servis skala kecil yang sering dijumpai di desa, kampung ataupun di sudut kota. Harga yang murah dan pelayanan yang bersahabat menjadi ciri khas jasa servis skala kecil ini. Yup, Indonesia memang memiliki keunikan tersendiri dan hal ini memperkaya keindonesiaan kita. Usaha kecil ini dapat membuka lowongan kerja gratis bagi para pengangguran sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di daerahnya masing-masing.

 

 

 

Penulis oleh Fadli Firmansyah

Follow : @fadfir

 

 

One thought on “Unik! 5 Jasa Servis (Perbaikan) Skala Kecil yang Sering Dijumpai di Sudut Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.