Yoga dan Angkat beban Menangkal Diabetes!

yoga dan angkat besi mencegah diabetes
yoga dan angkat besi mencegah diabetes
yoga dan angkat besi mencegah diabetes

Diabetes tak hanya bisa dicegah dengan mengganti pola makan dan gaya hidup, melainkan juga dengan cara olahraga. Hanya dengan melakukan olahraga setengah jam sehari, Anda bisa mengurangi risiko diabetes.

Lebih spesifik, penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang berolahraga seperti yoga dan angkat beban bisa terhindar dari diabetes. Orang yang melakukan olahraga angkat beban dan yoga selama setengah jam sehari (atau setara 3,5 jam per minggu) ditengarai mengalami penurunan risiko diabetes tipe-2 hingga 30 – 40 persen.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan pada 100.000 wanita ini juga menunjukkan bahwa olahraga seperti angkat beban dan yoga selama satu jam seminggu bisa menurunkan risiko terkena diabetes hingga 13 persen, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Peneliti juga menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga aerobik setidaknya 150 menit seminggu dan setidaknya satu jam angkat beban juga memiliki kemungkinan terhindar dari diabetes. Penelitian yang diterbitkan dalam PLOS Medicine ini dilakukan oleh peneliti dari Harvard School of Public Health dan University of Southern Denmark.

Awalnya peneliti ini merekrut wanita yang bebas dari penyakit diabetes. Mereka diamati selama delapan tahun, sekaligus dicatat kegiatan olahraganya setiap minggu, termasuk olahraga angkat beban, aerobic, dan yoga. Pada akhir penelitian diketahui bahwa sekitar 3.491 wanita terkena diabetes tipe-2.

Terlepas dari jenis olahraga yang dilakukan untuk mencegah diabetes, peneliti mengungkap bahwa kegiatan dan gaya hidup yang aktif sangat penting untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.