Yuk Mengenal Khasiat ‘Super Sehat’ Si Alpukat

Benefits-of-Avocado

Banyak orang yang memandang sebelah mata alpukat, karena dagingnya yang terasa tawar. Untuk menikmatinya, perlu sedikit ekstra tenaga untuk membuat jus alpukat yang segar dan lezat.

Bukan hanya sekedar nikmat, alpukat juga menyimpan kekuatan super untuk kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja kekuatan yang terkandung dalam buah yang penuh lemak nabati ini. Yuk, kita simak ulasan menarik seputar manfaat alpukat untuk tubuh dari Sharing Di Sini, Moms!

Alpukat menurunkan kolesterol

Alpukat kaya akan sterol, senyawa yang menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapan ke dalam aliran darah. Peneliti Belanda menganalisis 60 uji coba untuk mengeksplorasi efek dari berbagai lemak pada tingkat kolesterol, dan menemukan bahwa mengganti karbohidrat dengan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda menyebabkan penurunan “kolesterol jahat” dan peningkatan “kolesterol baik”. Hebat kan!

Alpukat mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh dengan alpukat lebih baik dari sekedar menurunkan keseluruhan asupan lemak. Sebuah analisis dari 50 studi dan uji klinis menunjukkan bahwa diet Mediterania, yang tinggi lemak tak jenuh tunggal, efektif untuk mencegah sindrom metabolik (meningkatkan masalah jantung). Studi lain diikuti lebih dari 74.000 wanita berusia 38-63 tahun dan menemukan bahwa wanita yang menganut diet gaya Mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena stroke.

Alpukat menurunkan risiko kanker

Lemak tak jenuh tunggal yang sehat telah terbukti membantu tubuh Anda menyerap antioksidan/antikanker seperti lycopene (ditemukan dalam tomat) dan beta – karoten (wortel dan ubi jalar).

Alpukat menjaga gula darah stabil

Sebuah studi baru oleh para peneliti dari Loma Linda University dan dipublikasikan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa peserta yang makan setengah alpukat saat makan siang merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga menunjukkan bahwa makan alpukat tidak mengakibatkan kenaikan kadar gula darah, yang dipercaya para peneliti bisa membantu menjaga berat badan penderita diabetes.

Alpukat membantu menjaga kesehatan rambut

Dikutip dari berbagai sumber, alpukat juga bagus untuk kecantikan rambut. Selain menguatkan akar rambut, buah super ini juga dapat melembabkan dan membuat rambut berkilau. Caranya: kupas alpukat dengan satu sendok teh minyak gandum dan satu sendok teh minyak jojoba. Oleskan ke rambut yang baru dicuci sampai ke ujung, lalu tutup kulit kepala Anda dengan shower cap atau kantong plastik. Tunggu 15 sampai 30 menit , dan bilas sampai bersih.

Selamat menikmati manfaat alpukat, Moms.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.