Kiat Menumbuhkan Percaya Diri pada Anak

melatih percayadiri pada anak
melatih percayadiri pada anak
melatih percayadiri pada anak

Semua orangtua tentu menginginkan anaknya memiliki rasa percaya diri. Namun, untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak sangat memerlukan peran dari orangtua, untuk selalu memotivasinya.

Peran orangtua sangat penting dalam membentuk kepribadian anak. Anak-anak yang memiliki rasa percaya diri merupakan salah satu hasil dari orangtua yang bijak  dapat mengetahui kapan anak-anaknya membutuhkan bantuan.

Lalu, bagaimana cara agar si anak bisa memiliki rasa percaya diri yang tinggi? Dirangkum dari beberapa sumber, berikut sharingdisini  membangun rasa percaya diri pada anak:

1. Jangan pernah bandingkan anak Anda dengan anak lain

Membandingkan anak kita dengan anak lainnya hanya akan menimbulkan perasaan terluka pada anak. Si anak akan menjadi kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman. Untuk itu, jangan pernah membandingkannya dengan anak -anak yang lain jika menginginkan si anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

2. Arahkan si anak untuk bersosialisasi

Sebagai orangtua, Anda harus bisa mengarahkan anak ke perbuatan yang baik-baik. Arahkan anak Anda untuk berkenalan dan bermain dengan anak lainnya yang berusia kurang lebih sama (sebaya) di lingkungan sekolah dan rumah. Bersosialisasi dengan teman sebaya bisa membuatnya tumbuh menjadi seseorang yang memiliki rasa percaya diri.

3. Batasi dan dampingi anak saat menonton televisi

Anak sering menonton televisi cenderung menjadi anak yang individual. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda menyeleksi tontonan apa yang baik untuk ditonton si anak. Selain itu, Anda juga harus mendampinginya guna memberikan pengarahan baik untuk si anak.

4. Pilih permainan yang edukatif dan sesuai dengan usia anak

Anak-anak biasanya senang sekali bermain video games. Ketahuilah bahwa anak-anak juga  cenderung meniru segala apa yang dilihat dan didengar. Jika si anak gemar sekali memainkan games, maka pilihlah permainan yang memiliki nilai edukatif dan sesuai dengan usianya, sehingga ia bergembira saat bermain dan menumbuhkan rasa percaya dirinya saat ia berhasil menyelesaikan satu permainan tersebut.

5. Mengajaknya melakukan kegiatan positif

Melibatkan anak untuk melakukan aktifitas Anda sehari-hari dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya. Untuk itu, Anda bisa mengajak anak saat membereskan rumah, mmebersihkan rumah, berkebun, memasak, mencuci mobil dan lain sebagainya.

6. Memberikan pujian kepadanya

Pujian merupakan sebuah penghargaan dan berdampak positif pada anak. Jika Anda memberikan pujian saat si anak memperoleh keberhasilan, maka akan menumbuhkan rasa aman pada dirinya. Selain itu, si anak juga akan merasa dicintai oleh orangtuanya. Dengan begitu, si anak akan berusaha untuk menjadi seseorang yang membanggakan orangtuanya.

7. Memotivasi anak

Sebagai orangtua, Anda juga harus memberikan motivasi anak untuk mempelajari hal baru yang sifatnya baik. Misalnya, mengajaknya untuk bergabung dalam sebuah kursus bahasa asing, les berenang, bermain musik, atau bergabung dengan kegiatan-kegiatan anak-anak yang dapat membentukkepribadian positif. Dengan begitu, si anak akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi nantinya.

8. Membiasakan anak mandiri

Sejak kecil, Anda harus membiasakan anak-anak untuk dapat mandiri. Misalnya, membiarkan si anak untuk membawa tas sekolahnya sendiri. Hal tersebut bisa membantu anak untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Selain itu, si anak juga akan merasa bahwa dirinya mampu untuk mandiri.

 

Bagaimana para orangtua? Apakah Anda pernah punya pengalaman seputar melatih Anak agar percaya diri? Yuk, Sharingdisini yahhh…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.