Mitos “Ternyata 8 Gelas Perhari” Tidak Cukup

air putihSeperti yang kita tahu air merupakan sumber terbesar pemenuhan kebutuhan cairan bagi tubuh, dikarenakan komposisi tubuh manusia adalah 70-75 persen terdiri dari air.Namun, terlalu sedikit atau terlalu banyak minum air putih juga tidak baik, maka mengkonsumsi air putih dengan takaran yang benar akan menjaga keseimbangan cairan dan daya tahan pada tubuh.Lalu berapakah takaran yang baik untuk mengkonsumsi air putih per hari?.

8 Gelas Perhari

Seperti yang sudah diketahui adanya anjuran untuk meminum hanya 8 gelas air putih perhari, tapi apakah cukup?. Jawabannya tidak selalu benar, karena ukuran tubuh dan kebutuhan orang akan air berbeda dikarenakan beberapa faktor.Konsumsi air putih yang ideal yaitu tidak lebih dari 0,03 liter dari berat badan kita.Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan 49kg maka konsumsi air yang diperbolehkan untuk orang itu yaitu tidak lebih dari 1,47 liter per hari.Anjuran ini sangat logis, karena manusia memiliki berat badan yang berbeda dan tentunya berpengaruh dengan jumlah kebutuhan air yang berbeda pula.Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentu membutuhkan air yang lebih banyak dibandingkan orang yang kurus.

Kebutuhan air per hari untuk tiap orang berbeda, selain dari berat badan juga bergantung pada kondisi tertentu yaitu aktivitas fisik, cuaca, dan kondisi kesehatan.Untuk itu, minumlah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.Minumlah saat anda merasa haus, karena haus adalah indikator terbaik untuk mengetahui kapan saatnya tubuh membutuhkan air.Selain itu, anda juga bisa mengetahui kecukupan cairan tubuh lewat warna air seni, bila air seni berwarna bening/kuning cerah dan jumlahnya banyak, maka kebutuhan cairan tubuh cukup baik dan sudah terpenuhi. Sedangkan jika warna air seni lebih gelap seperti kuning tua/oranye dan jumlahnya sedikit, maka kebutuhan cairan tubuh masih kurang atau belum terpenuhi.

Manfaat Air Putih

Minum air putih pada saat bangun tidur di pagi hari sangat banyak manfaatnya yaitu :

1. Menyeimbangkan sistem getah bening Anda. Kelenjar ini membantu Anda melakukan fungsi sehari-hari Anda, menyeimbangkan cairan tubuh Anda, dan melawan infeksi.

2. Membuat kulit bersinar. Air membantu untuk membersihkan racun dari darah yang membantu menjaga kulit Anda bersinar.

3. Membantu menurunkan berat badan.Minum setidaknya 16 ons air dingin dapat meningkatkan metabolisme Anda sebesar 24% di pagi hari.

4. Meningkatkan produksi darah dan sel-sel otot baru.

5. Minum air saat perut kosong memurnikan usus sehingga lebih mudah untuk menyerap nutrisi.

 

Artikel oleh Rela Inggatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.