Manfaat Dalam Kopi Yang Belum Anda Ketahui

manfaat kopi
Seperti yang kita ketahui meminum kopi telah mejnadi kebiasaan pagi sebagian orang sejak dulu. Namun sekarang meminum kopi bukan hanya di lakukan pada saat pagi saja melainkan menjadi kebiasaan keseharian. Bahkan meminum kopi di café-café  bersama teman telah menjadi hal wajib saat sedang berkumpul.

Namun beberapa orang hanya mengetahui bahaya dari kopi namun tidak mengetahui manfaat yang akan didapatkan bila meminum kopi. Ini adalah beberapa manfaat bila meminum kopi…

1. Meningkatkan pemikiran positive

Minum kopi ternyata bisa membantu kita melihat sisi baik kehidupan. Peneliti dari Jerman mengungkapkan dengan mengkonsumsi kafein, setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi, seseorang mampu melihat kata-kata positif lebih cepat dalam serangkaian percobaan yang diberikan. Penelitian juga menunjukkan orang dapat mengenali kata-kata positif, gambar serta suara lebih cepat dibanding segala hal negatif. Para peneliti bereksperimen, ternyata kafein bermanfaat membantu kita untuk mempercepat merespon dan mengurangi kesalahan dalam melakukan kerjaan sehari-hari. Psikolog eksperimental, Lars Kuchinke beserta timnya dari Universitas Ruhr, Jerman meminta 66 relawan untuk memilih dengan cepat bentukan huruf yang ditampilkan pada komputer. Separuh relawan itu diberi tablet dengan kandungan 200 miligram kafein atau setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi. Sementara sisanya diberi pil laktosa. Mereka diberikan tablet itu 30 menit sebelum pengujian. Hasilnya, relawan yang mengonsumsi tablet dengan kandungan kafein tujuh persen lebih akurat dalam mengenali kata-kata positif daripada kata-kata lainnya. Kuchinke
berpendapat, mungkin ini karena kafein berfungsi merangsang bagian otak yang terhubung oleh segala hal positif.

2. Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung atau Stroke

Kandungan dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, Sebuah studi pada lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

3. Mencegah Penyakit Kanker & Diabetes

Hasil dari riset peneliti di seluruh dunia didapatkan hasil bahwa penyakit kanker hati (Hepatus Cellular Carcinoma), kanker payudara, serta kanker usus dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi kopi hitam. Studi penelitian lain telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi tingkat gula darah pada pasien diabetes. Karena kandungan kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, selain itu manfaat kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, penyakit Parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dll.

4. Mengurangi sakit kepala

Seiumur Damond,M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic mengatakan kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migraine ringan terbukti dapat disembuhkan dengan secangkir kopi hitam pekat.

5. Pembangkit stamina & penambah energy

Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh sama dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah/mengantuk, muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, serta naiknya tekanan darah.

6. Mengatasi perubahan suasana & dan depresi

Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan pada kopi dapat menangkal kerusakan sel otak & membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Sedangkan kandungan kafein dalam kopi berfungsi sebagai stimulan tubuh. Hal ini dapat merangsang indera kita serta meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.

 

Artikel oleh Syarah Mangelep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.