Belajar Ke Singapura

study-Singapore

Bagi kalian yang sedang di bangku kelas 3 SMA, dan sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional mungkin anda sedang fokus belajar untuk menghadapi ujian nasional. Kalian juga mingkin sedang memikirkan jurusan yang akan kalian ambil serta dimana anda akan kuliah nantinya.

Mungkin sebagian dari kalian memikirkan untuk kuliah di universitas negeri atau universitas swasta yang ada di Indonesia. Namun mungkin sebagian dari kalian juga memikirkan untuk kuliah di luar negeri, mungkin di Australia, Singapura, Malaysia, atau di negara selain ketiga tersebut.

Jika kalian ada keinginan untuk kuliah di Singapura mungkin ada baiknya kalian untuk menyiapkan segalanya mulai dari sekarang dan mengetahui jenis-jenis universitas yang ada di Singapura. Berikut ini adalah jenis universitas yang ada di Singapura

  1. Public

Universitas publik adalah universitas yang dikelola dan dijalankan oleh pemerintahan Singapura. Jika kalian ingin sekolah di universitas public yang ada di Singapura maka anda membutuhkan nilai TOEFL / IELTS, anda juga membutuhkan ijazah atau transkip nilai anda, serta anda harus menyiapkan diri anda untuk interview di kampus tersebut. Anda akan kuliah 4 tahun untuk mendapatkan gelar anda, dan estimasi biaya kuliah kurang lebih 30.000 SGD/year

 

  1. Private

Private adalah universitas yang dibuka oleh yayasan atau seseorang yang ada di singapura, kalau di Indonesia kita biasa menyebutnya universitas swasta. Yang kalian butuhkan untuk mendaftar di kampus ini adalah TOEFL / IELTS, dan ijazah atau transkip nilai. Jika kalian kuliah di tempat ini maka kalian hanya membutuhkan waktu 2-3 tahun untuk lulus dan mendapatkan gelar anda. Dengan estimasi biaya kira-kira 20.000-3000SGD hingga lulus. Jadi 20.000-30.000SGD adalah biaya kuliah anda hingga lulus.

 

  1. International

Universitas international adalah universitas yang berasal dari luar Singapura namun memiliki kampus di Singapur, contoh dari sekolah ini adalah Curtin University, PSB university, EASB university, dll. Jika kalian ingin kuliah di tempat ini maka anda membutuhkan nilai TOEFL / IELTS, dan ijazah atau transkip nilai. Anda hanya membutuhkan waktu 2 tahun untuk lulus dan mendapatkan gelar anda. Estimasi biaya untuk kuliah kira-kira 50.000SGD hingga lulus. Jadi 50.000SGD adalah biaya kuliah anda selama 2 tahun hingga lulus.

Itulah sedikit informasi tentang kuliah di Singapura semoga bermanfaat 🙂

 

Artikel oleh Syarah Mangelep

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.