Pola Makan Vegetarian, Sehat Namun Harus Seimbang

vegetarian

(Sumber foto: theoriginaljath.files.wordpress.com)

 

Pola hidup vegetarian, memang bukan menjadi hal yang asing lagi, terutama di Amerika. Kegiatan mengkonsumsi panganan nabati ini terbukti membuat 23 juta orang Amerika untuk menjadi Vegetarian. Jumlah yang cukup banyak ini didasari oleh pandangan orang Amerika yang sudah terlalu sering memakan panganan dari olehan daging yang berlemak, sehingga memicu penyakit seperti kolesterol. Namun, dengan pola makan nabati, resiko untuk terkena penyakit kolesterol bisa dikurangi, bahkan hal ini juga bisa berefek baik untuk mengurangi penyebaran penyakit kanker dan penyakit kronis lainnya.

Konsultasi dan jangan sembarangan

Tetapi, bagi Anda yang ingin menerapkan pola makan ini, tidak bisa sembarangan, karena akan berakibat buruk untuk tubuh Anda. Kekurangan nutrisi adalah salah satu hal yang biasa muncul saat seseorang salah menerapkan pola makan vegetarian, sehingga kemudian menyebabkan kondisi tubuh yang lemah dan mudah sakit. Jadi sangat disarankan untuk merencanakan pola makan vegetarian dengan sangat matang, atau jika tidak ingin repot, Anda bisa langsung mengubungi Dokter Gizi untuk konsultasi mengenai pola makan vegetarian yang cocok untuk Anda, selain lebih terpercaya, juga lebih efisien.

Imbangi nutrisi dan protein secara hewani ataupun nabati

Pada dasarnya, pola makan vegetarian harus bisa mengimbangi nutrisi dan protein serta asupan lain yang biasa ditemukan di bahan makanan hewani, namun dalam dunia vegetarian, ada juga penggantinya, seperti kacang, biji-bijian dan padi-padian utuh. Meskipun telah merencanakan program vegetarian, seseorang tidak boleh langsung lepas dari pola makan yang biasa dia lakukan, karena hal ini akan langsung berpengaruh pada sistem metabolisme yang melambat, karena belum terbiasa dengan pola makan yang ada.

Untuk itu, cobalah mulai program vegetarian Anda dengan membagi porsi makan Anda menjadi dua bagian. Usahakan bagian hewani harus lebih sedikit daripada yang nabati. Jika pola tersebut terus dilakukan selama beberapa waktu, maka sistem metabolisme Anda juga akan segera menyesuaikan, sehingga tidak lama kemudian, Anda akan secara sepenuhnya bisa melakukan program vegetarian Anda.

Semoga bisa menjadi informasi yang berguna ya untuk Anda yang masih ragu untuk menjadi vegetarian dan yang terpenting adalah selalu seimbangkan asupan nutrisi, protein yang masuk dengan bahan-bahan nabati yang baik.

 

Nama      : Tara Mulya

Email       : Taramulya@yahoo.com

Website  : Engs Resto  (http://www.engsresto.com/)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.