Khasiat Sehat Jambu Air

Jambu air atau yang biasa disebut jambu saja, semua orang Indonesia pasti mengenal buah segar yang satu ini. Pohon jambu banyak ditanam di pekarangan atau halaman rumah. Bahkan di beberapa daerah, pohon jambu ada di setiap rumah warga.

Ini tidak mengherankan mengingat jambu memang berasal dari kawasan  asia Tenggara yang telah banyak dibudidayakan dalam berbagai varian. Jambu bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan tertentu seperti rujak manis, campuran greens, manisan dan masih banyak lagi.

6952554392_5ba307dfc2_z
Varian Jambu

Berdasarkan ukurannya, jambu terbagi dalam dua kelompok, yakni Syzgium quaeum (jambu air kecil) dan Syzgium samarangense (jambu air besar).

Jambu  yang termasuk dalam Syzgium quaeum (jambu  kecil) adalah jambu  camplong, Jambu kancing, mawar atau keraton, baron, lonceng, manalagi, dan masih banyak lagi.

Sedangkan yang termasuk dalam Syzgium samarangense (jambu besar) antara lain jambu lilin, Jambu apel, cincalo, dan jambu kaget. Dinamakan jambu kaget karena kita tidak bisa menebak buah mana yang ada bijinya dan yang tidak.

Bobot jambu kaget sendiri bisa mencapai 100-150 gram setiap buahnya, sehingga jambu jenis ini dimasukkan ke dalam kelompok Syzgium samarangense.

Manfaat Sehat Mengonsumsi Jambu

Selain kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, mengonsumsi jambu  juga berdampak positif bagi kesehatan, berikut beberapa manfaatnya versi Sharing Di Sini di antaranya:

  • Cegah Dehidrasi
    Jambu memiliki kadar air yang cukup tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan air dalam setiap 100 gram jambuair bisa mencapai 93 persen sehingga efektif untuk mencegah dehidrasi. Kandungan air yang melimpah dan segar tersebut juga dapat membantu meningkatkan feelings baik bagi siapa saja yang mengonsumsinya.
  • Tingkatkan Kesuburan
    Tidak ada yang menyangka jika buah yang satu ini juga baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan vitamin supplements D dalam jambu  berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel sperma dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.
  • Jaga Kesehatan Mata
    Jambu juga dilengkapi dengan vitamin supplements A. Seperti kita ketahui bahwa vitamin supplements A diperlukan mata agar tetap berfungsi ideal seiring bertambahnya usia, serta menambah imunitas tubuh dengan mendongkrak kinerja sel darah putih atau leukosit yang disebut antibodi serta antivirus. Mengonsumsi jambu juga baik untuk mengatasi mata lelah akibat bekerja terlalu lama di depan layar komputer.
  • Cegah Diare
    Menurut PK Warrier dari Universitas Purdue, ekstrak biji jambu dapat digunakan untuk mencegah diare. Bahkan di Asia, ramuan bunga jambu sering digunakan sebagai obat penurun panas dan demam pada anak-anak.

 

Mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsi jambu, tapi ingat jangan berlebihan. Apapun yang berlebihan jga tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.