3 Manfaat Lampu LED Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

manfaat penggunaan lampu LED

Lampu LED atau Light Emitting Diode merupakan sumber lampu semikonduktor. Umumnya lampu ini digunakan sebagai lampu indikator di berbagai peralatan dan sekarang ini mulai digunakan sebagai penerangan. Lampu LED akan menyala ketika ada arus listrik yang melewatinya. Lampu ini umumnya berwarna biru, hijau atau merah namun bisa saja dalam bentuk warna lain yang lebih menarik seperti violet, ungu, orange dan bahkan pink.

Banyak kegunaan dari lampu LED, tetapi ada beberapa kegunaan yang mungkin ada belum ketahui. Apa saja kegunaan dari lampu LED yang jarang orang ketahui. Simak penjelasan dibawah ini.

Untuk Keyboard dan Mouse

Apakah Anda sadar bahwa led itu ada di setiap keyboard dan mouse yang biasa kita pakai sehari-hari. Led yang terletak di keyboard maupun di mouse digunakan sebagai indikator. Untuk di keyboard digunakan sebagai penanda indikator tombol Caps lock on. Sedangkan untuk di mouse wireless misalnya untuk penanda apakah mouse-nya on atau off.

Pada Lampu Lalu Lintas

Tahukah Anda bahwa warna di lampu lalu lintas yang berwarna-warni seperti merah, kuning dan hijau itu merupakan peran dari lampu LED. Bayangkan kalau misalkan warna lampu lalu lintas hanya satu jenis, bisa jadi akan menyulitkan pengendara untuk membedakan kapan saat berhenti kapan saat boleh jalan.

Pada Mobil

Ternyata lampu led juga digunakan pada lampu yang ada di kendaraan mobil. Seiring dengan perkembangan lampu maka semakin efisien dan powernya pun makin bagus sehingga dapat digunakan di bidang otomotif terutama untuk lampunya. Saat ini, sedang populer lampu mobil yang diberikan serangkaian lampu dan tetap menyala pada siang harinya. Simak gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

manfaat penggunaan lampu LED
manfaat penggunaan lampu LED

Semoga artikel ini dapat memberikan sebuah pengetahuan baru kepada Anda mengenai Lampu LED.

Artikel By Erwin Petas, follow twitter @doublepetas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.