Kasiat Kacang Almond


Anda suka ngemil?

tidak ada salahnya Anda memilih kacang almond sebagai kudapan. Jika “cemilan” selalu diidentikkan dengan kebiasaan makan jajanan yang tidak sehat, maka tidak berlaku untuk Almond.  Kacang ini sangat kaya untuk kesehatan. Kacang yang garing dan gurih ini biasa kita jumpai sebagai campuran dalam snack cokelat batangan, campuran selai coklat, taburan di atas es krim, taburan frozen yogurt yang segar, topping kue, biskuit dan bahkan sebagai campuran untuk makanan. Bukan hanya gurih rasanya, ternyata kacang almond ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, yaitu:

Meningkatkan  Gairah   dan Kesuburan

Hal ini karena kacang almond mengandung zat besi, selenium dan vitamin. Kandungan zat besi nya dapat meningkatkan libido, sedangkan kandungan gizi dan mineralnya baik untuk kesehatan organ reproduksi. Almond ( Prunus dulcis ) termasuk kategori makanan aprodisiak atau pemicu gairah  dan kesuburan. Hal ini disebabkan almond kaya akan sejumlah mineral seperi seng, selenium dan vitamin E 25 g tiap 100 g almond).

Seng atau zinc merupakan pemicu libido. Sedangkan kandungan arginine, salah satu jenis asam amino yang banyak pada almond membantu pembuluh darah relaks dan melancarkan aliran darah.

Bagi jantung

Almond terdiri dari kumpulan serat, protein, dan asam lemak esensial di mana keseluruhan elemen tersebut membantu meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah.
Almond juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan antioksidan yang cukup tinggi. Sementara kulitnya mengandung sekitar 30 senyawa antioksidan yang berbeda dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta imunitas. Kacang almond punya kontribusi tinggi pada kesehatan jantung dengan cara menurunkan respon glikemik pada makanan dan mengurangi kerusakan oksidatif makanan. Ia juga menurunkan resiko serangan jantung, kanker serta membuat Anda awet muda. Banyak praktisi kesehatan menganjurkan  konsumsi almond setiap hari. Konsumsi kacang-kacangan secara teratur setelah diteliti ternyata mampu memberikan efek perlindungan tubuh terhadap penyakit jantung koroner, demikian terjadi karena manfaat kacang yang mampu menurunkan kadar kolesterol.


Baik untuk diet

Dari beberapa studi yang dilakukan, seperti dilansir dalam Food Facts Suite101, jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan teratur, kacang almond malah membantu menurunkan berat badan. Kandungan fiber/ serat di dalam kacang almond yang menyeimbangkan jumlah kalori yang ada. Para peneliti telah menemukan bahwa diet yang kaya akan almond dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Kacang almond juga mengandung karbohidrat, sehingga saat memakannya kita akan merasa kenyang dalam beberapa waktu. Kacang almond mengandung serat dan sumber baik untuk memperoleh lemak yang sehat. Serat yang terkandung dalam kacang almond berguna untuk menurunkan kolestrol. Selain itu, serat juga dapat membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak ingin makan berlebihan.

Baik untuk Kulit dan Rambut

Almond juga kaya akan protein, yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan kuku, kulit, dan rambut. Minyak almond organik memiliki kemampuan melembutkan kulit sehingga menjadi salah satu pilihan utama sebagai minyak pijat. Banyak terapis pijat memilih minyak almond karena sangat baik untuk melumasi kulit dan membantu meredakan nyeri otot. Minyak almond mengandung glikosida, vitamin dan mineral, serta kaya protein. Kandungan vitamin E pada minyak almond juga sangat tinggi sehingga ampuh sebagai antioksidan yang membantu mencegah penuaan kulit. Kandungan lain dalam minyak almond meliputi kalsium, magnesium, dan asam lemak esensial yang membantu mengatasi kulit kering dan teriritasi.

Warna ekstrak minyak almond kuning keemasan. Minyak almond bersifat hypoallergenic sehingga aman untuk semua jenis kulit bahkan untuk kulit sensitif dan kulit bayi. Tak heran jika pada kosmetik bayi, ada yang memiliki kandungan ekstrak almond oil. Minyak almond merupakan emolien yang sangat baik dan digunakan sebagai salah satu bahan utama dari lotion, krim, dan produk perawatan tubuh lainnya, karena memiliki manfaat melembutkan kulit dan menyeimbangkan kelembaban kulit, serta  membuat kulit terlihat lebih muda.

Manfaat lain minyak almond adalah untuk perawatan rambut, terutama bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan rambut rontok.Kandungan vitamin E serta asam lemak seperti asam oleat, Omega-9 dan Omega-6 sangat membantu dalam memperkuat akar rambut. Memakai minyak almond untuk perawatan rambut dan memijat kulit kepala beberapa jam sebelum keramas akan membuat rambut lebih berkilau dan sehat. Kacang ini bukan hanya kaya vitamin, tetapi juga kaya akan kandungan zat besi dan magnesium. Dengan begitu, rambut akan lebih kuat, sehat dan indah.

Mengurangi  ketegangan otot

Kacang  ini memberikan asupan protein yang dapat menjaga kestabilan gula darah saat sedang tidur dan tubuh akan lebih rileks. Selain itu, Anda juga tidak akan cepat lelah. Kacang almond juga kaya akan kalsium, dan ini tentunya sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Bahkan dalam ilmu pengobatan China, kacang almond digunakan sebagai tonic obat kuat karena kemampuannya memperlancar peredaran darah dan menjaga kestabilan liver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.