Manfaat Dibalik Pahitnya Dark Coklat

kasiat cokelat hitam
kasiat cokelat hitam
kasiat cokelat hitam

Beberapa orang beranggapan bahwa mengkonsumsi coklat dapat meninggkatkan berat badan bahkan dapat mengakibatkan meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Anggapan tersebut tidak berlaku untuk Dark Chocolate atau coklat pekat. Pada dark Chocolate ditemukan memiliki sejumlah manfaat yang sehat. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan Dark Chocolate bagi kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan Jantung

Mengkonsumsi sejumlah kecil coklat hitam tiga kali seminggu mampu meningkatkan aliran darah dan mampu mengurangi resiko pembekuan darah (arteriosclerosis). Kandungan Flavonoid dalam dark coklat mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul tak stabil yang mampu merusak sel-sel tubuh dan organ. Selain itu Flavonoid juga mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak Jahat (LDL) hingga 10%.

2. Bagus untuk otak

Mengkonsumsi dark coklat seperti yang disebutkan diatas mampu mengalirkan darah bukan hanya ke jantung tetapi juga ke otak yang dapat meningkatkan kewaspadaan selama tiga jam. Selain itu juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi resiko stroke. Kandungan Phenylethylamine (PEA) yang merupakan bahan kimia yang membuat otak anda menciptakan perasaan seperti jatuh cinta. PEA mendorong otak Anda melepaskan endorphin dan serotonin yang mampu mengurangi rasa sakit, meningkatkan mood dan mengurangi stress.

3. Mengontrol gula darah

Flavonoid yang terkandung dalam dark coklat mampu membantu mengurangi resistensi insulin dengan membantu sel-sel anda agar berfungsi secara normal. Dark coklat juga memiliki indeks glikemik rendah yang apat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

4. Menurunkan berat badan

Dark coklat dipercaya dapat membantu meratakan perut anda. Untuk memaksimalkan manfaatnya konsumsi dark coklat sebagai camilan diantara makan besar. Sebuah studi mengemukakan bahwa setiap orang yang mengkonsumsi 3,5 ons dark coklat dua jam sebelum makan, asupan kalorinya 17% lebih sedikit dibandingkan dengan milk coklat. Hal itu dikarenakan kandungan mentega coklat murni yang ada didalamnya terdapat stearic acid. Suatu zat yang membantu memperlambat proses pencernaan sehingga tubuh membutuhkn energy lebih banyak dan kalori berlebih pun terbuang. Selain itu juga kandungan lemak tak jenuhnya membantu melawan lemak jenuh dalam tubuh.

Jadi, masih ragu mengkonsumsi dark coklat??

By: Samsul Sodikin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.