Promosi Cafe Lewat Media Sosial

promosi cafe
promosi cafe
promosi cafe lewat sosial media

Di zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini, sosial media bukanlah sebuah hal yang asing lagi. Banyak orang dari kalangan pelajar, mahasiswa bahkan para pekerja sudah menganggap sosial media sebagai kebutuhan. Seperti hal nya twitter, instagram dan path yang kini sedang menjadi tren, yang bukan hanya digunakan sebagai media berkomunikasi dan bertukar informasi. Melainkan juga sebagai sarana mengukur eksistensi sosial seseorang. Eksistensi dalam hal ini, biasanya berupa update para pengguna sosial media yang berlomba-lomba menunjukkan aktivitas keseharian mereka. Bukan hanya mengunggah foto dirinya sendiri atau sekedar mengunggah foto makanan yang juga sedang hangat dilakukan, tetapi mereka juga memiliki cara lain untuk diakui eksistensinya.

Biasanya mereka para pengguna sosial media khusunya anak-anak muda zaman sekarang kerap kali menunjukkan eksistensinya dengan meng-update lokasi di tempat-tempat mewah khas anak muda. Layaknya di cafe-cafe ternama di sekitar Jakarta. Tidak lupa juga mengunggah foto diri mereka yang telihat sedang asyik bersantai dengan latar belakang bertemakan mewahnya dan nyamannya tempat nongkrong khas anak muda tersebut.

Beberapa cafe yang seringkali menjadi tujuan para remaja misalnya cafe Bistronomy yang berlokasi di bilangan Jakarta Selatan. Cafe yang menyediakan Perancis Western menu ini terbilang cukup mahal untuk kantong para remaja. Range harga yang ditawarkan mulai dari Rp 100.000 – Rp 300.000/pax. Dengan konsep tempat yang elegan dan dilengkapi dengan free vallet, wi-fi yang baik menjadi andalan cafe ini untuk menarik minat anak muda. Selanjutnya, cafe yang juga menjadi tujuan remaja di daerah Jakarta Selatan adalah Collete & Lola yang terkenal dengan berbagai macam cake yang mempunyai bentuk unik juga rasa yang bisa dibilang enak dan seimbang dengan harganya. Salah satu menu favorite nya adalah “This is not lego cake”. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 25.000 – Rp 300.000. Kemudian ada pula Cacaote yang terletak di daerah Senopati, Paul Patisserie, dan masih banyak lagi sejumlah cafe yang menjadi destinasi anak-anak muda. Seperti yang telah di bahas sebelumnya, biasanya mereka para pengunjung remaja akan mengunggah foto cafe maupun makanan yang disediakan sampai meng-update lokasi cafe-cafe tersebut.

Hal ini tentu menguntungkan dalam segi promotion cafe ini sendiri. Biasanya cara seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan promosi cafe. Para pengikut jejaring sosial yang melihat akan lebih mudah tertarik dan akhirnya datang berkunjung ke cafe-cafe tersebut. Karena maraknya hal seperti ini, banyak cafe yang kemudian melakukan promosi lewat media sosial. Melakukan berbagai kompetisi di media sosial, seperti lomba mengunggah foto terbaik mengenai cafe yang bersangkutan sampai mendapatkan diskon untuk pemenang beruntung yang telah menyukai foto terbanyak dari akun resmi cafe tersebut. Hal ini merupakan sebuah inovasi baru yang dan mudah. Sehingga kegiatan promosi dapat dengan mudah dilakukan dan tepat mengenai target audience yang diinginkan.

(Oleh: Nur Madaniyyah)

Sumber: http://assets.kompas.com/data//photo/2013/03/03/0932021-bistronomy-p.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.