Rahasia Dapur Mengolah Aneka Bahan Lauk

rahasia mengolah lauk

1. Memilih dan Mengolah Daging kambing
Pilihlah daging kambing muda dan segar. Sebelum diolah, lumuri terlebih dahulu daging kambing dengan parutan nanas. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dan silahkan diolah sesuai kebutuhan.

2. Memilih Daging Ayam
Pastikan warna dagingnya putih kekuningan. Warna lemak putih kekuningan yang merata di bawah kulit. Baunya segar, kekenyalan daging elastis dan tidak ada tanda-tanda memar.

3. Memanggang Ayam Agar Lezat
Pakai campuran madu dengan tiga bagian air jeruk manis yang telah diaduk menjadi satu, oleskan pada ayam yang sedang di panggang sesering mungkin, dan ayam akan lebih terasa lezat dengan hasil yang baik pula.

4. Membuat Kulit Bebek Panggang Garing dan Renyah
Pakai campuran madu dengan tiga bagian air jeruk manis yang telah diaduk menjadi satu, oleskan pada ayam yang sedang di panggang sesering mungkin.

5. Membuat Bistik Agar Lebih Empuk
Daging untuk bistik sebaiknya daging lemusir, bila tidak ada pilih daging biasa yang tidak terlalu banyak uratnya, setelah itu berilah sedikit air jeruk dan kecap inggris dan rendam selama satu jam sebelum digoreng.

6. Menghilangkan Bau Lumpur pada Ikan
Untuk menghilangkan bau lumpur, buang insangnya sampai bersih betul, cara lain yang dapat Anda lakukan sewaktu ikan digoreng masukkan sepotong kulit roti tawar ke dalam minyak, pasti bau lumpur akan hilang.

7.  Membersihkan Ikan
Supaya tangan Anda tidak licin ketika memegang ikan, pakailah garam halus pada tangan Anda, lalu bersihkan dengan baik perut ikan karena perut ikan adalah pusat bau amis, bersihkan perut ikan dengan garam dan air jeruk, gosok-gosoklah garam pada bagian ikan yang kena aliran, dan pergunakan juga garam untuk membersihkan sisik ikan.

8. Memilih Udang Segar
Pilihlah warna udang yang segar, tidak ada bintik-bintik hitam. Udang yang masih segar akan menyebarkan aroma yang khas.

9. Menyimpan Udang Tetap Segar
Kupas udang yang akan disimpan lalu cuci dan beri garam secukupnya lalu masukkan ke dalam kantong plastik, tutup ujung plastik rapat-rapat dengan karet gelang, lalu taruh dalam lemari es, dengan cara ini udang akan lebih tahan lama disimpan.

10. Membuat Kaldu Ikan Agar Tidak Amis
Agar tidak amis, goreng dulu tulang ikan, tetapi gunakan minyak agar sup tidak terlalu berminyak. Begitu juga dengan kaldu udang. Goreng dulu kepala udang sebentar sampai berubah merah lalu tambahkan air dan sayuran. Masak agak lama supaya kuah dan kaldu betul-betul gurih. Jangan lupa api yang digunakan harus kecil.

11. Agar Daging Ayam Kampung Empuk dan Segar
Ambillah 1 buah pepaya muda atau mentah, kemudian kupas kulitnya dan potong menjadi empat bagian. Cuci hingga bersih pepaya tersebut. Rebus pepaya bersama dengan daging ayam kampung yang akan diolah, biarkan selama 20 menit kemudian angkat. Daging ayam pun siap dimasak sesuai selera anda. Niscaya daging ayam akan menjadi empuk dan lezat.

12. Agar Bau Ikan Tidak Amis dari Freezer

Agar bau ikan tidak jadi amis dan tetap segar pada waktu dikeluarkan dari freezer, cairkan dengan cara masukkannya ke dalam air susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.