6 Jenis Diet yang Jadi Trend Gaya Hidup Masa Kini

Diet sekarang sudah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat perkotaan untuk menjadikan tubuh mereka dalam bentuk proposional.
tren diet
Arti diet adalah kegiatan membatasi nutrisi berupa kalori dengan sengaja, yang dimaksudkan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kurus. Diet mencangkup pola-pola perilaku yang bervariasi, dari pemilihan makanan yang baik untuk kesehatan sampai pembatasan yang sangat ketat akan konsumsi kalori. Beberapa diet yang menjadi trend di zaman sekarang:
1. Diet Mayo
Adalah diet yang menjadi trend di kalangan masyarakat perkotaan dan para selebritis ibu kota Jakarta. Diet mayo merupakan cara aman bagi seseorang yang terobesesi menurunkan berat badan dalam waktu 13 hari. Pantangan dari diet ini cukup mudah yaitu mengurangi atau bahkan menjauhi makanan yang mengandung garam. Karena dalam proses kadar garam yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui fases atau  keringat dan urin. Sedangkan pada saat melakukan diet mayo anda tidak mengkonsumsi garam hal ini sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Perlu diketahui juga makanan yang mengandung garam biasanya mengandung volume air yang tinggi sedangkan air sendiri penyebab kegemukan. Diet mayo dianjurkan karena tidak mengandung efek samping yang buruk bagi kesehatan.

2. Diet Detox
Program diet detox adalah program diet yang melalui pengeluaran racun dari dalam tubuh. Racun di dalam tubuh bisa berupa  minyak, lemak, dan berbagai hal penyebab kegemukan dan racun penyebab kegemukan. Dalam diet detox perbanyak minum air putih yang berfungsi membuang racun dari dalam tubuh,sebaikan mengkonsumsi air sebayak 2 liter per hari. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran karena serat yang terkandung dari buah dan sayuran dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi rasa lapar. Dalam melakukan diet detox sebaiknya kurangi makanan padat yang berkalori tinggi seperti nasi,daging sebaiknya diganti dengan minum jus atau smooties buah dan sayuran. Biasanya standart turun berat badan dari diet detox 4-9kg dalam waktu 1-4 minggu.

3. Diet Golongan Darah
Program diet golongan darah adalah jenis diet yang berdasar golongan darah si pelaku diet. Hasil penelitian terhadap diet ini menghasilkan reaksi berbagai jenis makanan terhadap kondisi tubuh setiap orang dengan golongan darah yang berbeda.

  • Diet Golongan Darah A

Diet golongan darah A sangat dianjurkan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran ketimbang mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging bebek, seafood seperti udang,cumi-cumi,lobster,makanan yang mengandung lemak tinggi seperti keju,susu,es krim, dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti ubi. Tetapi golongan darah A masih diperbolehkan mengkonsumsi ikan tuna,telur,roti gandun, dan daging ayam yang bersifat netral karena makanan yang bersifat netral bagi golangan darah A tidak terlalu signifikan terhadap tubuh.

  • Diet Golongan Darah B

Diet golongan darah B sangat dianjurkan mengkonsumsi aneka ikan laut, berbagai olahan susu seperti keju dan yogurt, brokoli, terong, wortel, karena baik bagi kesehatan tubuh golongan darah B. Namun tidak dianjurkan mengkonsumsi olahan daging ayam,olahan daging bebek, kacang tanah,olahan gandum,alpukat,jagung,belimbing,pir, dan air soda. Makanan yang netral bagi golongan darah B adalah daging sapi, cumi-cumi, mentega, telur ayam dan kacang merah.

  • Diet Golongan Darah AB

Golongan darah AB adalah perantara dari golongan darah A dan golongan darah B pada dasarnya prang yang memiliki golongan darah AB lebih bisa menyesuaikan diri dalam hal konsumsi makanan sehingga konsumsi daging dan sayuran yang berimbang akan berdampak sangat baik bagi golongan darah AB.Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebaiknya perbanyak konsumsi susu kambing, ikan tuna, krim asam rendah kalori, dan buah anggur merah. Namun tidak dianjurkan golongan darah AB  mengkonsumsi telur bebek, kepiting, buah pisang, dan air soda.

  • Diet Golongan Darah O

Golongan darah O sangat dianjurkan mengkonsumsi banyak sayuran hijau, makanan dengan kadar protein hewani yang tinggi, dan seafood. Tetapi tidak dianjurkan mengkonsumsi sayuran seperti misalnya terong, kentang, jamur, dan tauge atau jenis sayuran yang mengandung banyak lektin. Makanan lain seperti ikan tuna, sardine, tempe, tahu, daging, ayam, dan susu kedelai adalah beberapa jenis makanan yang bersifat netral bagi golongan darah O.
4. Diet OCD (Obessive Corbuzier’s Diet)
Diet OCD yang diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier ini menarik dan unik yang biasanya metode diet yang dijalani dengan mengurangi porsi makan dan batasan-batasan jeis makanan. Sedangkan OCD memberikan kebebasan makan apa saja tetapi waktu makan yang diatur. Dan berikut adalah waktu diet OCD:

  • Waktu bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam pada metode ini dalam waktu selama 8 jam bebas makan apa saja setelah itu anda berpuasa selama 16 jam dan boleh minum air putih. Metode awal ini baik dilakukan selama 1-2 minggu pertama menjalankan diet OCD.
  • Waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam pada metode ini dalam waktu  selama 6 jam bebas makan apa saja setelah itu berpuasa selama 18 jam dan boleh minum air putih. Metode ini baik dilakukan jika sudah terbiasa menjalankan metode OCD dengan waktu yang awal.
  • Waktu bebas makan 4 jam dan puasa 20 jam pada metode ini dalam waktu selam 4 jam bebas makan apa saja setelah itu berpuasa selama 20 jam dan boleh minum air putih. Jika metode OCD dengan waktu makan yang sebentar masih sulit dijalankan bisa dikombinasikan dengan Metode OCD 1 atau 2.
  • Puasa selama 24 jam metode OCD yang ini dilakukan 1-2 kali seminggu sesuai kemampuan tubuh anda jika tubuh anda sudah biasa menjalani metode OCD 1-3.

 
5. Diet Tidak Makan Nasi
Diet ini biasa dijalankan oleh para wanita yang ingin berat badannya cepat turun karena kandungan gula pada nasi yang membuat berat badan menjadi cepat naik. Dengan tidak memakan nasi atau mengganti nasi putih dengan kentang,ubi,beras merah dengan cepat bisa menurunkan berat badan karena kandungan gula yang terdapat dari kentang,ubi,beras merah tidak sebanyak di dalam nasi putih.
6. Diet Rendah Gluten atau Bebas Gluten
Gluten adalah jenis protein yang ditemukan di dalam makanan yang mengadung karbohidrat seperti gandum dan beras. Diet rendah gluten atau bebas gluten sering dilakukan bagi penderita gangguan usus halus (celiac disease) yang menyebabkan system imun mereka merespon.

 

Artikel oleh Indah Adriyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.