Merubah Kebiasaan Buruk untuk Kesehatan Mata

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan buruk ketika menonton atau membaca membuat mata anda menjadi sakit. Tak heran, jika akhirnya anda terpaksa memakai kacamata karena pandangan yang semakin kabur. Berikut saya sharing di sini tips merubah kebiasaan buruk anda demi menjaga mata agar tetap sehat.

Pertama, atur waktu ketika sedang bekerja atau bermain di depan layar komputer. Bagi anda yang bekerja di depan komputer, mungkin akan merasa mata lelah karena berlama – lama memandang layar komputer. Untuk mengatasinya, istirahatkan mata anda kira-kira selama lima hingga sepuluh menit dengan memandang ke tempat yang lain. Terutama memandangi sesuatu focus objek yang jaraknya jauh. Misalnya, sempatkan anda melihat dari jendela dengan fokus tiang listrik atau pohon yang tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan secatra alami lensa mata anda yang terlalu lama melihat pada jarak dekat ke layar komputer.

Untuk menghindari mata kering, anda disarankan untuk sering-sering berkedip. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi efek dari layar komputer. Salah satunya adalah dengan menjaga jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.

Pastikan juga monitor yang anda gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan dengan posisi mata. Jika memiliki dana, sebaiknya menggunakan monitor LCD karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor CRT. Setelah itu, anda pun dapat menggunakan screen protector dilayar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi.

Kedua, hindari debu dan polusi. Kota –kota besar memang identik dengan polusi. Bagi anda yang biasa berkendara dengan menggunakan sepeda motor, lindungilah mata dengan kacamata atau helm yang berkaca. Hal ini bertujuan untuk menghindari debu masuk ke dalam mata. Sebab, debu dan polusi dapat membuat mata terinfeksi bahkan hingga menyebabkan penyakit katarak mata.

Ketiga, ubah kebiasaan buruk ketika membaca buku. Banyak orang yang membaca buku dengan posisi sembarangan. Ada yang membaca dengan penerangan yang kurang, hingga membaca dengan posisi tiduran. Kebiasaan membaca seperti inilah yang akan membuat mata bekerja keras sehingga menimbulkan mata menjadi minus.

Untuk mengantisipasinya, bacalah buku dengan penerangan yang tepat. Jangan membaca buku pada lampu yang remang-remang. Begitu pula dengan kebiasaan menonton tivi/layar computer pada penerangan yang gelap, karena lensa mata anda kan bekerja lebih keras untuk focus terhadap obyek yang anda lihat.

Selain itu, usahakan jarak pandang membaca buku adalah sekitar 30 cm. Sebab, jika terlalu dekat, mata akan menjadi tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang.

One thought on “Merubah Kebiasaan Buruk untuk Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.