Buah Naga; Gizi dan Khasiatnya

Buah naga juga dikenal sebagai buah kaktus manis atau kaktus madu. Buah ini berasal dari tanaman sebangsa pohon kaktus dapat tumbuh di tempat yang panas dan dingin. Dan media tanam tanah tidak membutuhkan penyiraman yang sering. Namun, buah naga kaya akan air, menyegarkan dan mendinginkan perut. Buah ini banyak dicari menjelang perayaan Tahun Baru Imlek / Tahun Baru Cina. Ada berbagai jenis buah naga, ada warna daging putih, merah, magenta, bahkan kuning. Daging buah naga sangat lembut dan rasanya rasa manis. Selain buah naga manis dan lezat juga baik untuk kesehatan kita. Ada begitu banyak manfaat dari buah naga sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena buah ini mengandung banyak vitamin, mineral, karotenoid, protein, serat, kalsium dan sodium.

Berikut adalah isi rata-rata nutrisi yang ditemukan dalam buah naga:
• Karbohidrat: 11,5 g
• Asam: 0,139 g
• Gula Tingkat: 13-18 briks
• Air: 90%
• Protein: 0,53 g
• Fosfor: 8,7 mg
• Magnesium: 60,4 mg
• Serat: 0,71 g
• Kalsium: 134,5 mg
• Vitamin C: 9,4 mg
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan
kandungan Kalsium  dalam buah naga sangat berguna untuk kesehatan tulang dan gigi. Seperti kita ketahui bahwa tubuh kita memerlukan asupan kalsium, karena setiap hari kita beraktifitas dengan tulang, sehingga kalsium yang akan berkurang.  Jika dibiarkan terus, kita akhirnya akan menjadi tulang rapuh atau istilah medisnya osteoporosis. Jadi, jangan dulu anda bingung dan takut terkena osteoporosis dengan hanya mengonsumsi susu kalsium saja. NIkmati buah naga yang segar dan kaya kalsium ini.

Vitamin dan elemen mineral yang ada di buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Misalnya, vitamin B1 dapat membantu kita mengurangi resiko demam, maka isi vitamin B2 dapat membuat untuk meningkatkan nafsu makan (cocok untuk anak yang susah makan). Vitamin B3 adalah manjur dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita, dan Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan juga baik untuk kesehatan kulit kita, sehingga kulit menjadi halus dan kulit kita bebas dari jerawat.
Kemudian isi serat dalam buah-buahan ini dapat membantu kita yang ingin melakukan penurunan berat badan alias diet. Diet dengan makan buah naga kedengarannya menyenangkan ya, karena merupakan salah satu jenis diet yang sehat bagi tubuh kita. Selain itu, serat juga berkhasiat untuk mencegah kanker usus besar dan diabetes.
Protein yang terkandung dalam buah naga baik untuk kesehatan kita, karena bisa menjaga hati kita untuk tetap sehat, dan juga dapat meningkatkan metabolisme kita. Kandungan gizi lainnya, seperti karotenoid dapat membuat kita menjadi sehat mata, meningkatkan kemampuan kinerja dari sistem kekebalan otak kita dan membantu sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini juga dapat membuat kita menghindari dehidrasi, karena buah ini mengandung banyak air, seperti semangka. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini dapat menghilangkan dehidrasi tubuh.
Buah naga juga sangat baik untuk konsumsi sehari-hari, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari buah naga mulai dari sekarang. Saya sharing pengalaman saya, bahwa saya  suka makan buah naga pada saat perut saya terasa panas karena sehabis makan pedas. Nah, buah naga ini saya jadikan sebagai penawar panas / pengompres di dalam perut saya yang terasa panas karena kepedasan. Ini sangat bermanfaat untuk saya karena saya punya penyakit maagh. Bagaimana dengan anda?

 

source: colekcolek.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.