Kacang Hijau; Kandungan Gizi dan Khasiatnya

Kacang hijau adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Biasanya dikonsumsi dalam bentuk  direbus, makan secara langsung. Selain itu kacang hijau dikonsumsi dalam bentuk bubur kacang hijau, kecambah kacang hijau, peyek kacang hijau, tepung kacang hijau yang kemudian diolah menjadi aneka kue dan masakan seperti onde-onde, bakpau atau gandasturi. Kacang hijau juga bisa dibuat dalam tepung hunkwe, tepung yang digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue, es krim, soun dan mi.  Dalam bahasa Latin kacang hijau disebut Phaseolus radiatus Linn. Tanaman kacang hijau hampir dapat ditemui di seluruh  wilayah Indonesia, karena memang tanaman ini tumbuh di daerah tropis.

Ada begitu banyak manfaat dari kacang hijau karena kandungan proteinnya tinggi setelah kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau sangat mudah untuk berkecambah yang biasa kita kenal sebagai tauge. Tauge banyak mengandung enzim aktif, salah satunya adalah enzim amilase yang membantu metabolisme karbohidrat. Keuntungan dari kacang hijau ini bahkan lama direbus tidak mengurangi khasiat kacang hijau. Berbeda dengan bahan makanan lain seperti sayuran, buah, dan ramuan tradisional lainnya yang bila direbus terlalu lama akan mengurangi khasiatnya.

Nutrisi yang terkandung dalam 110 gram kacang hijau adalah sekitar 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, dan sisanya dalam bentuk vitamin A, vitamin B1, fosfor, besi, mangan. Selain lezat dan banyak vitamin dan mineral, kacang hijau juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti beri-beri, radang ginjal, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol dan pestisida, mengurangi gatal, mual, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan mengurangi demam.

Berikut  saya sharing di sini Beberapa khasiat lain dari kacang hijau:

Mencegah rambut rontok
Rebus kacang hijau dalam 1 cangkir air, jangan sampai kacangnya pecah. Segera angkat ketika terlihat sedikit dimasak sehingga kacang tidak merekah pecah. Dinginkan beberapa saat. Air rebusan kacang hijau ini yang telah dingin, digunakan untuk membasahi kulit kepala sembari dipijat, diamkan sampai kering lalu cuci menggunakan sampo.

Menurunkan demam pada bayi

Menurut studi dari penurun demam, kacang hijau adalah yang terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya. Anda dapat melakukan ini dengan memberikan secangkir kacang hijau dalam air mendidih dicampur dengan 1 sendok makan madu. Dinginkan setelah mendidih, lalu berikan pada balita anda.

Disentri / sakit perut
Untuk pengobatan disentri/sakit perut anda dapat menyajikan bubur kacang hijau. Selain itu, sajikan dengan telur ayam ayam kampong rebus. Konsumsi  selagi hangat sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Masalah Kandung Kemih

 Rebus 30 gram kacang hijau dalam air 400cc. Setelah dingin, tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini secara teratur sampai kencing tidak sakit dan terasa lebih baik.

Biang keringat
Hal ini sering dialami oleh bayi, balita yang terkena biang keringat sering rewel karena gatal. Untuk mengatasi hal ini, rebus 60 gram kacang hijau yang telah dibuat tepung bersama dengan 50 gram tanaman krokot  dalam air. Setelah matang saring dan minumkan 3 kali sehari.

Maag
Untuk menyembuhkan penyakit maag yang masih dalam tahap awal, rebus 50 gr kacang merah, 50 gr kacang hijau, 50 ons kacang hitam, 2 ruas jahe. Semua bahan tersebut direbus kecuali jahe. Masukan air jahe direbus secara terpisah dan campuran rebus dengan jahe dalam air mendidih. Minum ramuan ini secara teratur, dan tambahkan madu setelah ramuan matang.

Meningkatkan gairah seksual
Tidak ada salahnya apabila anda membuatkan suami resep kacang hijau ini untuk membuatnya memiliki kekuatan lebih. Selain biaya rendah, ramuan ini aman untuk kesehatan. Rebus kacang hijau 30 gram, 2 cm jahe,  15 gram adas, 15 gr pulosari (Alyxia stellata rest Sch), 15 gram biji bawang merah, dan 15 gram biji ketumbar. Rebus dengan 600 cc air, biarkan rebusan hingga air berkurang setengahnya. Minum secara teratur dan Anda akan merasakan kegunaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.