Manfaat Musik

Musik boleh jadi masuk dalam kategori hobi anda, entah sekadar menjadi penikmat ataupun pemain alat musik. Namun, siapa sangka mendengarkan musik yang biasa dilakukan sebagai pengisi waktu luang atau sembari melakukan kegiatan lain itu punya banyak manfaat. Berikut saya sharing di sini manfaat music dalam kehidupan kita.

Selain sebagai ungkapan kebahagiaan, sudah sejak lama, musik memang menjadi salah satu senjata untuk menenangkan diri. Bahkan, mampu membantu tubuh untuk mencapai relaksasi optimal yang mendorong kebugaran tubuh.

Bagi perempuan hamil, menyanyikan lagu pada janin setiap malam selama 20-30 menit dipercaya dapat memberi kenyamanan tersendiri, baik bagi sang ibu maupun jabang bayi. Dan menurut sebuah penelitian, musik klasik jika diperdengarkan pada perut ibu hamil di usia trimester ketiga, dipercaya akan merangsang otak bayi menjadi cerdas.

Sementara itu, mendengarkan musik favorit selama lima menit saja pun mampu memberi ketenangan tersendiri untuk tubuh dan pikiran. Musik dapat mengubah mood buruk anda menjadi mood baik. Dan juga sebagai obat penawar ketika stress melanda anda. Salah satunya, bagi anda yang tinggal di kota metropolitan selalu terjebak macet dijalanan, hal yang paling menghibur diri adalah dengan mendengarkan musik. Tak heran, jika banyak orang yang tetap memasang musiknya keras-keras pada saat bekerja atau menjadi menu wajib saat pulang kerja dengan menggunakan MP3 ataupun radio.

Mendengarkan musik pun selalu menjadi cara untuk mengatasi insomnia, agar tubuh lebih mampu relaksasi hingga akhirnya tertidur. Tentu saja, dengan musik-musik yang menenangkan dan relaks, sehingga denyut jantung juga lebih lambat, napas teratur, serta seluruh otot juga mengendur. Sebaliknya, hindari musik yang bertempo cepat atau dengan instrument bas dan perkusi yang terlalu dominan, karena hal ini justru akan membuat jantung berdetak lebih cepat. Lagu seperti ini lebih cocok untuk membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.

Bagi pasangan yang sedang bertengkarpun, musik bisa menjadi solusi. Dengan mendengarkan musik kesayangan atau yang memiliki kenangan bersama pasangan. Hal ini akan segera mengubah mood ataupun suasana hubungan secara efektif, sehingga akhirnya masalah bisa segera terselesaikan dan kembali berbaikan.

Tak hanya mendengarkan, bersenandung pun menjadi media untuk menghadirkan ketenangan dalam diri dan mengusir rasa tegang dan gugup. Cara ini banyak digunakan untuk bermeditasi, sembari mengatur napas selama 2-3 menit.

Dalam kehidupan ini, Musik bagaikan soundtrack drama yang anda perankan. Sekadar hobi, sebentuk hiburan atau bahkan pelaku musik yang serius, sah sah saja. Nikmati musik dalam keseharian anda dan resapi setiap manfaatnya untuk keceriaan hari anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.