Memilih Car Seat untuk Balita

Masa liburan panjang sudah tiba. Nah bagi anda yang memiliki balita,  dan ingin tetap bepergian dengan mobil, sebaiknya buatlah kondisi yang senyaman mungkin untuk balita anda selama di perjalanan. Ya, dengan menyiapkannya car seat pribadi untuk balita anda. Berikut saya sharing di sini tips memilih car seat untuk balita anda.

Sebelum membeli, pastikan anda telah memiliki informasi tepat tentang berat badan dan usia bayi anda. Kedua hal tersebut amat berguna untuk memilih model car seat yang tepat. Umumnya dalam hitungan internasional, car seat untuk bayi punya batasan berat antara 22-35 pon (1pon= kurang lebih 0.5 kg). Bila bobot si kecil sudah melampaui batas maksimum, saatnya pindahkan dia ke model rear-facing convertible car seat. Jenis kursi bayi yang menghadap ke belakang ini umumnya dapat dipakai anak dengan berat badan 40- 70 pon. Sementara itu, bila si anak sudah melebihi berat 40 pon, anda dapat mengenakan jenis belt positioning booster seats yang lebih pas dan nyaman untuknya. Pastikan kedua jenis tersebut didukung system keamanan yang baik, termasuk sabuk.

Menurut sebuah studi American Academy of Pediatrics  dan Keselamatan Lalulintas Nasional memperbarui rekomendasi mereka mengenai jok mobil dan car seat. Bahwa balita posisi carseatnya harus tetap menghadap kursi  jok mobil/menghadap ke belakang sampai usia balita 2 tahun. Bahkan di Swedia anak-anak harus menghadapi mundur sampai usia 4 tahun. Hal ini mungkin tampak tidak nyaman, tetapi menyelamatkan nyawa. Anak di bawah usia 2 adalah 75% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal atau terluka parah dalam kecelakaan jika mereka naik menghadap ke belakang.

Cermati pula bahan car seat yang hendak anda beli. Periksalah material yang dipakai di bagian alas dan pengaman car seat, apakah lembut dan nyaman untuk si kecil.

Perawatan car seat juga menjadi poin penting untuk memperpanjang usia pakai. Untuk itu, sebaiknya pilih jenis yang dapat dibersihkan dengan mudah, misalkan dapat dilepas, dicuci dan dibersihkan. Hal ini akan menjaga si kecil terkena kotoran yang mungkin menempel pada car seat.

Bila sedang tidak dipakai, anda dapat menyimpannya dalam bungkus plastic dan memasukkan ke kardus pembungkus. Jika terawat dengan baik, bukan tidak mungkin anda bisa meminjamkannya untuk saudara/keluarga yang membutuhkan.

Satu elemen esensial lainnya, saat sedang berkendara bersama buah hati, cobalah mengemudi dengan baik, mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak ugal-ugalan. Tindakan positif tersebut untuk menjaga keselamatan anda dan penumpang lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat menikmati perjalanan dengan si kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.