Gempa 7.6 Skala Richter Mengguncang Philipines

Hari ini terjadi gempa melanda Filipina. US Geological Survey menyatakan gempa yang terjadi di Filipina memiliki kedalaman 34 kilometer (21 mil) dan terjadi pada pukul 8:47 (1247 GMT), 139 kilometer sebelah timur kota Sulangan di pulau Samar.

Kemudian sebuah 16-cm (enam inci) tsunami melanda Filipina timur sekitar dua jam kemudian, menimbulkan kekhawatiran bahwa gelombang tsunami yang lebih besar akan segera terjadi.

Tetapi US Pacific Tsunami Warning Center tidak lama kemudian mengumumkan peringatan tsunami untuk Filipina dan Indonesia.

Peringatan tsunami juga awalnya ditujukan untuk Jepang, Taiwan dan beberapa pulau-pulau Pasifik.

Peringatan tsunami ini menyebabkan beberapa jam teror bagi warga di sepanjang pantai timur Filipina, banyak daerah mengalami pemadaman listrik karena kabel listrik telah dipotong selama gempa bumi.

Leticia Amos, 35, seorang pegawai pemerintah, mengatakan ratusan keluarga di Samar bergegas menuju ke daerah lereng bukit, membawa barang-barang mereka sesaat setelah peringatan diumumkan.

“Hari ini sangat gelap, tidak ada listrik dan semua orang panik,” katanya kepada AFP melalui telepon sebelum peringatan tsunami dicabut.

“Tempat kami berada pada bagian perbukitan di sepanjang jalan raya, dan ratusan orang dari daerah rendah bayside bergegas ke sini.”

Pihak berwenang Filipina mengatakan gempa mengguncang daerah yang luas di Filipina Timur, namun tidak ada laporan kerusakan atau kematian.

“Sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan, tapi kejadian itu terasa dari utara ke selatan Filipina, di pesisir timur,” kata kepala pertahanan sipil Benito Ramos kepada AFP.

Paula Daza, gubernur provinsi utara Samar, salah satu daerah yang paling dekat dengan daerah terjadinya gempa, mengatakan ada laporan kerusakan infrastruktur.

“Beberapa retakan muncul di jalan beton, dan setidaknya di dasar satu jembatan,” katanya.

Sol Matugas, gubernur lain wilayah timur, Surigao del Norte, mengatakan pada radio dzMM bahwa gempa itu sangat besar.

“Kami agak takut. Untuk pertama kalinya, kami melihat benda jatuh dari lemari kita,” katanya.

USGS awalnya melaporkan gempa sebagai memiliki berkekuatan 7,9, namun direvisi menjadi 7,6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.