Tips Mencerahkan Kulit Ketiak yang Hitam

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup diperhatikan bagi kaum perempuan. Khususnya mereka yang gemar memakai baju tanpa lengan. Apabila kulit ketiak menghitam, kaum perempuan cenderung menjadi tidak percaya diri untuk berpenampilan. Biasanya mereka membuang keinginanya untuk tidak memakai baju tanpa lengan. Berikut saya sharing di sini cara pencegahan agar ketiak tidak menghitam:

Membasahi atau melembapkan kulit sebelum mencukur. Bila Anda terbiasa mencukur bulu ketiak, sebaiknya basahi atau  lembapkan dahulu sebelum dicukur. Cara ini dapat dilakukan agar tidak menimbulkan lecet pada ketiak Anda dan agar ketiak tidak menghitam.

Jangan terlalu sering mencabut atau mencukur bulu ketiak. Terlalu sering mencabut atau mencukuri bulu ketiak adalah faktor terbesar yang dapat membuat kulit ketiak Anda menjadi hitam. Bila ingin membersihkan bulu-bulu di ketiak, lebih baik pilih metode lain yaitu dengan waxing atau sugaring.

Pemakaian deodoran berlebihan juga salah satu menjadi faktor yang membuat kulit ketiak menjadi hitam. Bila Anda memakai deodoran, sebaiknya jangan terlalu sering mengoleskannya ke ketiak. Cukup satu kali sehari saja, yakni pada pagi hari.

Ke dokter kulit Bila memang Anda sudah merasa ada perubahan warna pada kulit ketiak, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter kulit. Anda perlu seorang ahli untuk mengetahui apa yang menyebabkan kulit ketiak menghitam dan ia pasti akan memberikan solusinya. Salah satu solusi yang biasa diberikan oleh dokter kulit mungkin adalah dengan pengelupasan. Dalam terapi tersebut, lapisan luar kulit ketiak dilepaskan atau dikupas. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan bahan pemutih ketiak setiap malam di rumah.

Secara tradisional dengan menggunakan bahan alami yaitu:

Jeruk Nipis dan Kapur

Campur kapur sirih dengan jeruk nipis/lemon di atas mangkok. Kemudian oleskan pada daerah ketiak anda. Diamkan selama 15 menit, lakukan selama 1 Minggu.

Ketimun dan Bubuk Kunyit

Haluskan ketimun dan campur dengan bubuk kunyit. Dengan ketimun dan bubuk kunyit ini perlahan-lahan noda hitam akan hilang.

Susu dan Yoghurt

Campur dua sendok makan yoghurt dengan tiga sendok makan susu, kemudian oleskan pada ketiak. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Bengkuang
Coba oleskan masker bengkuang pada ketiak Anda. Setidaknya lakukanlah ritual ini setiap seminggu dua kali. Ada dua pilihan masker bengkuang yang bisa Anda pilih. Pertama, Anda bisa membeli masker bengkuang yang siap pakai. Kedua, parut halus bengkuang dan oleskan pada ketiak Anda. Untuk hasil maksimal, diamkan sekitar 10 menit. Sebaiknya lakukan ritual ini pada malam hari.

Lemon dan mentimun
Parut mentimun secukupnya dan campurkan dengan lemon. Setelah itu oleskan secara merata pada ketiak, dan diamkan selama 15 menit.

Selain hal tersebut di atas, anda perlu rajin merawat kulit ketiak dengan membersihkan sel kulit mati/daki, sisa keringat/bedak/deodorant setiap anda mandi dengan scrub dan atau memakai lulur juga membantu mencerahkan kulit ketiak. Namun cara scrubing jangan terlalu sering, hal ini juga akan menggores permukaan kulit ketiak yang akan menimbulkan luka / menghitam. Selamat mencoba ya , Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.