Mencegah Selulit

Selulit adalah istilah bagi kulit yang permukaannya tampak tidak rata seperti kulit jeruk (orange peel) atau jahitan kasur (mattress appearance). Kelainan ini terjadi akibat perubahan pada jaringan lemak dan peredaran darah yang kemudian menimbulkan pengerasan (fibrosklerosis) jaringan ikat di kulit bagian dalam.

Selulit bisa diklasifikasikan dari yang ringan (kulit terlihat seperti kulit jeruk saat dicubit saja) hingga derajat berat (kulit sudah tampak berbenjol-benjol dan sudah mengubah bentuk tubuh). Selulit umumnya muncul di bagian-bagian tubuh yang kurang aktivitas, seperti paha, bokong, perut, pinggul, betis dan lengan.

Untuk menghilangkannya lebih sulit karena selulit bukan sekadar timbunan lemak di bawah kulit. Solusi ekeftif untuk selulit yang sudah parah, mau tak mau adalah tindakan operatif.

Untuk itu prinsip lebih baik mencegah ketimbang mengobati akan bijak kita terapkan di sini. Caranya, yaitu :

  • Makan dengan gizi seimbang

Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan mengurangi lemak, sehingga dapat memperkecil kemungkinan penumpukan lemak di bawah kulit. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan antioksidan mampu meningkatkan kesehatan kulit.

  • Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat melancarkan oksigen dan peredaran darah, sehingga kulit dapat terjaga kelembapan dan elastisitasnya. Olahraga juga bermanfaat untuk membakar lemak sehingga dapat mengurangi lemak di tubuh.

  • Mengontrol penambahan berat badan

Berat badan yang terkontrol dengan baik pertanda tubuh tidak memiliki cadangan lemak yang berlebihan, sehingga tidak ada penumpukan lemak di bawah kulit. Dengan begitu anda pun terbebas dari selulit.

Selamat Mencoba!

Sumber : Woman Magazine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.