Pengaruh Persalinan Normal terhadap IQ Bayi

Apakah anda termasuk ibu hamil yang berencana untuk memilih melahirkan bayi Anda secara sesar padahal sebenarnya Anda dapat melahirkan secara normal?

Menurut penelitian terbaru dari Yale University di Amerika Serikat menemukan bahwa kemungkinan besar bayi yang dilahirkan secara normal memiliki tingkat kecerdasan (IQ) yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang lahir melalui operasi sesar. Hasil penelitian ini dipublikasikan pada sebuah jurnal kesehatan Plus One.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa ketika sang bayi menjalani persalinan, otak sang bayi akan meningkatkan kadar protein bernama UCP2. UCP2 ini berperan penting dalam mengembangkan daya ingat dan merupakan salah satu komponen penting pada kecerdasan manusia. Sehingga, protein UCP2 ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan sang bayi seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Selain itu, proses kelahiran secara sesar dapat meningkatkan risiko pendarahan serta dapat menimbulkan masalah reproduksi pada si Ibu, pasca melahirkan.

***

Nah bagaimana? Tentunya para orangtua menginginkan anaknya kelak tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Jadi, jika tidak ada resiko dan masalah pada kehamilan Anda, melahirkan secara normal, mengapa tidak? Dampak sesudah persalinannya akan lebih baik untuk si Ibu dan anaknya.

Source: WebMD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.