Tips Menghindari Insomnia

insomnia
insomnia


Bisa tidur pulas di malam hari tentu menjadi harapan semua orang. Pada kenyataannya, tidak semua orang bisa tertidur pulas pada malam hari. Biasanya orang dapat pulas tidurnya jika merasa sangat mengantuk dan kelelahan setelah beraktifitas seharian. Lalu istirahat di tempat tidur, bau bantal, dan pasti akan segera tertidur. Namun, bagaimana untuk yang sulit sekali memejamkan mata pada malam hari?

Beberapa  orang berpendapat  bahwa segelas susu hangat bisa membuat Anda cepat merasa mengantuk dan akhirnya tertidur pulas. Faktor yang menyebabkan tidak bisa tertidur pulas pada malam hari bisa saja karena faktor stress, karena sudah tidur siang terlalu lama, salah mengonsumsi makanan sebelum tidur, mengonsumsi obat-obatan tertentu dan terlalu lelah juga malah akan menjadi faktor insomnia.

Nah, berikut Sharing di Sini Aktifitas agar cepat merasa mengantuk di malam hari dan dapat tertidur pulas.

1. Menghitung mundur

Beberapa  orang mempercayai, “Kalau tak bisa tidur, hitung gambar saja.” Gambar yang dimaksudkan di sini adalah gambar yang menunjukkan sekumpulan bunga/buah-buahan/domba/hewan lainnya yang jumlahnya sangat banyak dan membutuhkan ketelitian untuk menghitungnya. Namun beberapa ahli berpendapat, sebenarnya cara tersebut belum terbukti kebenarannya, cara yang lebih akurat  yaitu menghitung mundur. Lakukan counting down dan dipastikan dalam fikiran Anda, setelah di hitungan ke 0, Anda harus memejamkan mata dan berusaha tidur. Hitung dengan santai, tidak perlu terburu-buru, dan dengan nada yang tidak perlu terlalu bersemangat. Mulailah berhitung dengan posisi Anda yang siap tidur di tempat tidur. Hitung dari ribuan atau ratusan. Seorang peneliti mengatakan bahwa menghitung mundur akan berhasil membuat Anda tertidur pulas karena bisa menenangkan pikiran.

2. Membaca

Siapkan beberapa bacaan kesukaan Anda yang bersifat ringan yang dapat membuat pikiran Anda merasa rilex. Bacaan seputar gossip selebriti misalnya, bacaan tentang tren dan gaya hidup. Anda bisa membacanya sambil duduk bersandar dengan bantal Anda di tempat tidur. Seperti halnya anak-anak, mereka sangat suka dibacakan cerita dongeng sebelum tidur. Sama halnya dengan Anda. Sedikit bacaan ringan yang membuat pikiran rilex akan membuat Anda merasa mengantuk.

3. Menulis

Biasanya seseorang tak bisa tidur karena ada sesuatu hal yang dipikirkan. Bila hal ini terjadi pada Anda, maka sediakanlah alat tulis dan kertas di dekat tempat tidur. Ketika Anda tak bisa tidur, curahkanlah isi pikiran Anda di secarik kertas tersebut. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang dan bisa tertidur pulas.

4. Bernyanyi

Ketika Anda merasa tidak bisa tidur, bernyanyilah satu atau dua lagu. Nyanyikan lagu kesukaan Anda dengan suara pelan agar tidak mengganggu orang lain. Seorang peneliti membuktikan bahwa bernyanyi mampu mengganggu jalannya pesan dan sinyal ke otak. Sinyal ini akan menyebabkan otak sibuk dan membuat Anda terjaga dan merasa lebih tenang. Efek  setelahnya, Anda akan merasa mengantuk.

5. Menekuk jari kaki

Tekuklah jari kaki Anda dan tahan hingga hitungan ke tujuh. Cara ini bisa membuat Anda merasa tenang dan akhirnya bisa tidur nyenyak. Anda bisa menempelkan kaki satu sama lain dan tekuk jari-jari hingga hangat. Lakukan cara ini beberapa kali hingga tubuh dan pikiran Anda mulai merasa rileks dan tenang.

6. Mengkhayal

Mengkhayal sebelum tidur juga bisa Anda lakukan agar cepat merasakan kantuk dan akhirnya tertidur pulas. Cobalah sedikit mengkhayal mengenai masa depan. Misalnya, ”Kapan saya bisa menjadi milyuer” dan khayalan positif lainnya. Dengan memikirkan hal tersebut, tentunya Anda akan merasa lelah dan akhirnya bisa tertidur pulas.

7. Memainkan alat musik tiup

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menunjukkan bahwa memainkan alat musik tiup ini mampu menyembuhkan kesulitan tidur seseorang. Alat musik tiup ini bila Anda mainkan dapat menguatkan organ pernapasan bagian atas dan melebarkan saluran napas.

8.  Aroma terapi dan Musik

Nyalakan lilin aroma terapi lavender atau aroma lembut lainnya yang membuat badan dan fikiran anda rilex. Minum segelas susu hangat atau teh chamomile juga membantu badan lebih rilex, serta pasang musik berirama lembut sebagai pengantar tidur Anda.

Nah, jika Anda sudah mencoba cara tersebut di atas, jangan lupa jika ingin tidur ganti lampu kamar dengan lampu tidur yang redup, ini membantu merangsang mata untuk tertidur. Dan pastikan Anda sudah kenyang, sudah buang air kecil dan sudah berdoa, dengan begitu Anda siap tidur dengan nyaman. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.