Makanan Yang Memerpanjang Umur

tua, sehat dan panjang umur
tua, sehat dan panjang umur
tua, sehat dan panjang umur

Guru Besar Universitas Leeds (Inggris) Gary Williamson membuat daftar 20 makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, dan merekomendasikan setiap orang untuk mengkonsumsinya secara teratur agar berumur panjang. Manfaat makanan tersebut terutama berasal dari kekuatan antioksidan. Antioksidan membantu mencegah kerusakan sel, memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit jantung dan kanker.

Berikut Sharing di Sini makanan yang direkomendasikan dan mengandung kaya antioksidan serta zat penting lainnya :

  1. Apel: polifenol
  2. Blackberry: anthocyanin
  3. Teh Hitam: theaflavin
  4. Tomat: Likopen
  5. Brokoli: polifenol
  6. Sereal: serat dan asam fenolat
  7. Cherry: anthocyanin
  8. Tomat cherry: quercatin
  9. Kopi: asam fenolik
  10. Cranberry: procyanadin
  11. Cokelat hitam: epikatekin
  12. Teh Hijau: polifenol
  13. Jeruk: hesperedin
  14. Persik: epikatekin dan asam fenolik
  15. Plum: epikatekin dan asam fenolik
  16. Raspberry: anthocyanin
  17. Anggur merah: anthocyanin dan asam fenolat
  18. Bawang merah: quercatin
  19. Bayam: polifenol
  20. Strawberry: anthocyanin dan asam ellagic
  21. Blueberry: anthocyanin (antioksidan pencegah infeksi), kaya  selenium, seng, besi, vit B kompleks, vit E, meningkatkan kesehatan otak, tinggi serat
  22. Kailan/kale: karotenoid yang membantu melindungi terhadap kanker, penyakit jantung, dan infeksi. meningkatkan kesehatan mata. hight serat, tingkat yang sangat hight vitamin K (mendukung kesehatan tulang). menyediakan vitamin c, asam folat, vitamin B6, mangan, dan kalium. Menurunkan kolesterol. Kalsium (melindungi terhadap osteoporosis)
  23. Acai beri: antocianin anthocyanin untuk kesehatan jantung, penuh antioksidan, mengurangi peradangan dan memperbaiki sirkulasi, minyak acai berry dapat digunakan secara topikal baik sebagai pelembab dan melindungi kulit dari kerusakan sel
  24. Minyak kelapa:  membantu tubuh menyerap nutrisi lainnya, aman untuk memasak pada suhu tinggi, mengandung monolaurin, nutrisi hanya ditemukan pada ASI. Membantu mengontrol diabetes
  25. Macaroot: aprosadiac kuat yang meningkatkan libido pria/wanita, meningkatkan energi, kekuatan dan stamina, mengurangi kecemasan dan depresi
  26. biji chia: mengandung omega 3, asam lemak, membantu Anda tetap terhidrasi, mengatur kadar gula darah, kaya protein, vit B komplex, kalsium, kalium, dan serat.
  27. Lentil dan kacang-kacangan
    penuh serat larut yang sangat bagus untuk mengurangi kolesterol, tinggi zat besi, vit C.

Prof. Williamson sangat menganjurkan untuk mengkombinasikan sebanyak mungkin makanan-makanan tersebut setiap hari agar Anda dapat memaksimalkan daya pencegahan penyakit.

Cara terbaik untuk mendapatkan antioksidan adalah mengkonsumsi sumber alaminya, bukan dari makanan suplemen, karena banyak senyawa dalam buah-buahan dan sayuran yang tidak sepenuhnya dipahami dan tidak ada yang tahu jumlah ideal konsumsinya untuk mendapatkan hasil terbaik bagi kesehatan.

Yayasan Jantung Inggris menyambut gembira hasil penelitian tersebut, tetapi mengingatkan agar berhati-hati mengenai manfaat cokelat. Cokelat hitam memang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan jantung tetapi hanya bila dikonsumsi secara moderat. Kandungan gula dan lemak yang tinggi pada cokelat dapat berdampak negatif pada berat badan dan kolesterol. Demikian pula dengan kopi dan jus jeruk. Kopi adalah stimulan dan jeruk sangat asam sehingga dapat memperburuk gangguan peradangan seperti artritis bila dikonsumsi berlebihan.

Helathy journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.