Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

menghitung siklus haid untuk menentukan masa subur
menghitung siklus haid untuk menentukan masa subur
menghitung siklus haid untuk menentukan masa subur

Menentukan masa subur seorang wanita tentu tujuan akhirnya adalah agar dapat hamil dan memiliki momongan, karena jika pembuahan itu terjadi di luar masa subur maka kemungkinan untuk hamil sangat kecil. Ada beberapa teknik dan metode yang digunakan untuk mengetahui masa subur wanita untuk tujuan berhasilnya proses pembuahan atau bahkan sebagai alat kontrasepsi alamiah, sehingga semua dapat direncakan dan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Berikut Sharing di Sini 2 Cara mudah untuk menentukan dan menghitung masa subur wanita yang dapat dicoba.

1. Penanggalan

Termasuk cara yang klasik namun keakuratannya lebih tinggi dibanding metode yang lain, untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Catat tanggal saat hari pertama anda haid. Ini dinamakan hari ke-1 dalam siklus haid
  2. Lingkari tanggal dimana anda mengalami menstruasi sampai hari terakhir.
  3. Lakukan selama 3 kali periode masa haid

Cara di atas merupakan langkah awal agar kita lebih mudah dalam menghitung masa subur ke depannya, setelah anda mengetahui bagaimana siklus haid anda selama 3 bulan terakhir maka akan lebih memudahkan anda dalam menentukan kapan waktu terbaik untuk pembuahan.

Pembuahan yang terjadi pada masa ovulasi (terlepasnya sel telur dari tuba falopi ke dalam rongga rahim yang siap dibuahi) sangat mungkin untuk terjadi kehamilan. Anda akan lebih mudah mengetahui waktu puncak ovulasi jika benar-benar menghitung dengan jelas siklus haid yang biasa terjadi. Siklus haid masing-masih wanita berbeda-beda. Kisaran normalnya adalah dari 21 hari samapi 35 hari. Rumus untuk menentukan masa ovulasi adalah siklusĀ  haid di bagi 2, lalu di tambah 1 hari.

Puncak Ovulasi pada umumnya terjadi tepat 14 hari sebelum periode haid berikutnya. Di bawah ini adalah contoh menghitung masa subur wanita (contoh siklus haid 30 hari). Anda dapat melihat masa subur dan puncak terjadinya ovulasi.

BULAN TANGGAL TAHUN PENJELASAN
MARET 1 2013 Hari pertama haid
MARET 12 2013 Dimulainya masa subur
MARET 13 2013 Subur
MARET 14 2013 Sangat subur
MARET 15 2013 Subur dan masuk masa ovulasi
MARET 16 2013 Subur
MARET 28 2013 Masuk masa hamil
MARET 29 2013 Akhir siklus
APRIL 2 2013 Tidak haid? mungkin anda hamil
JANUARI 8 2014 Waktunya melahirkan

2. Menggunakan alat prediksi ovulasi

cara mengetahui masa subur wanita
cara mengetahui masa subur wanita

Alat ini sudah banyak beredar di pasaran. Alat ini bekerja dengan mendeteksi apakah ada luteinizing hormone (LH) dalam urin anda. Perlu diketahui bahwa jika seorang wanita masuk pada masa ovulasi maka akan terdapat LH dalam urinnya. Cara pemakaian alat ini mungkin berbeda-beda tergantung merk dan produsennya, namun secara garis besar langkah-langkahnya hampir mirip yaitu:

  1. Diawali dengan membuka tutup pengamannya
  2. Ambil beberapa tetes air seni / air liur lalu letakkan di tempat yang telah disediakan pada alat tersebut
  3. Ikuti petunjuk yang disediakan oleh produsen
  4. Tunggu beberapa saat lalu lihat hasilnya

Jika alat detektor terebut menunjukkan adalanya LH dalam air seni anda, maka ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pembuahan.

Cara di atas merupakan metode yang paling mudah dimengerti oleh siapa saja. Selain mudah, keakuratannya juga termasuk tinggi dan bisa diandalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.