Cara Mengatasi Stress saat Bekerja

Stres bisa melanda setiap orang dan terjadi di mana saja, termasuk di kantor atau  tempat bekerja. Jika ini yang sedang anda alami saat ini, jangan biarkan hal ini terus-menerus mengganggu aktifitas anda. Tempat kerja yang tidak terasa happy, tentu akan membuat hidup terasa tidak nyaman. Merasa bahagia tidak datang dengan sendirinya, tapi diciptakan. Berikut ini saya sharing di sini cara mengatasi stres di kantor:
Mulai lebih awal
Tinggalkan rumah 30 menit lebih awal dari biasanya. Studi menemukan, bahwa semakin sedikit Anda terburu-buru di pagi hari, semakin berkurang stres Anda pada hari itu.

Merasa di rumah
Tak ada salahnya menjadi kantor sebagai rumah kedua. Ciptakan suasana rumah dengan membawa barang-barang yang membuat Anda tersenyum dan menjadi mood kembali setelah menatapnya. Pasang gambar pasangan Anda, anak, hewan peliharaan, foto diri sendiri ketika melakukan sesuatu yang menyenangkan atau kenang-kenangan yang mengingatkan Anda tentang acara khusus di meja kantor. Ketika Anda merasa diri Anda kewalahan dalam bekerja dan stres, pandangilah gambar tersebut selama lima menit dan Anda pun siap untuk kembali bekerja.

Bawa camilan
Anda bisa membawa bekal makan siang untuk menghemat uang dan merasa lebih baik sepanjang hari dengan camilan sehat untuk yang tetap ada di meja Anda. Lapar itu sangat mengganggu kualitas kerja Anda. Bawa secangkir kopi atau minuman favorit Anda dan camilan (buah kering, kacang-kacangan, jus kotak) ke kantor. Kerja selama beberapa jam tanpa camilan dapat membuat kadar gula darah turun dan memperburuk stres Anda. Dengan camilan, Anda akan mendapatkan energi untuk bekerja.
Jadikan tugas sebagai hobi
Pekerjaan sehari-hari mungkin cukup berat. Nikmati pekerjaan anda dan anggap sebagai hobi, maka beban pekerjaan tidak akan terasa.

 Putar musik
Saat bekerja tentu akan menyenangkan kalau bisa memutar musik. Musik akan membuat kita merasa nyaman saat bekerja. Tapi perhatikan volumenya, volume yang keras akan memnggangu suasana kerja di kantor. Dan juga perhatikan situasi dan kondisi pekerjaan. Jangan menyetel musik ketika bos sedang marah, anda sedang harus serius menyelesaikan masalah yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Sejenak meregang otot
Cobalah angkat kaki Anda dan diregangkan selama 30 detik. Gerakan ini mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat diakibatkan karena duduk terlalu lama dalam  satu  posisi. Dan bertujuan sedikit merilexkan otot – otot kaku anda. Kegiatan lainnya yang berguna adalah menempatkan satu tangan di belakang leher, pegang siku Anda dengan tangan yang satu lagi, dan regangkan. Ganti tangan dan ulangi.

Puji diri sendiri
Kebanyakan dari kita tidak pernah meluangkan cukup waktu untuk memuji diri sendiri setelah melakukan pekerjaan dengan baik. Jadi ketika Anda menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik, pujilah diri sendiri keras-keras. Anda akan mendapat tambahan kepercayaan diri yang membantu tetap tenang di tengah kegilaan tempat kerja.

Jadwalkan 10 menit untuk “waktu khawatir”
Tutup pintu kantor Anda atau duduk di ruangan kosong dan pikirkan apa yang membuat Anda stres. Bawa selembar kertas dan bagi menjadi tiga kolom yang terdiri dari “Kekhawatiran saya”, “Mengapa itu membuat saya khawatir”, dan “Hal terburuk yang bisa terjadi”. Setelah Anda menghadapi skenario terburuk dan menyadari bahwa hal itu mungkin tidak akan pernah terjadi, Anda dapat kembali bekerja dengan beban kekhawatiran yang lebih ringan.

Kelola e-mail Anda
Untuk menjauh dari stres, mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk membaca dan mengirim e-mail. Jika Anda ingin membalas e-mail, tinggal klik tombol “reply” dan jangan membuat pesan baru.

Miliki “pengingat perspektif”
Stres bisa mengalahkan Anda, tapi masalah Anda lebih kecil dari kelihatannya. Untuk mengingatkan Anda dari hal itu, taruh gambar di kantor Anda (misalnya gambar bumi yang diambil dari ruang angkasa, malam berbintang, atau laut) dan lihatlah gambar itu setiap kali Anda merasa kewalahan.

Rencana ke depan
Ketika pekerjaan menjadi tantangan, curahkan beberapa waktu Anda (seperti akhir pekan dan malam hari) untuk membuat daftar yang harus dilakukan untuk pekan depan. Buatlah daftar dengan kotak di samping dan beri tanda centang pada kotak ketika Anda sudah menyelesaikan sesuatu. Anda tidak akan lupa sesuatu dan akan  tetap fokus pada pekerjaan.

Bersosialisasi dengan rekan kerja dan Punya rasa Humor
Adakan pertemuan sepekan sekali dengan rekan kerja Anda untuk berbicara tentang masalah pekerjaan tertentu. Cari tahu bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas, atau meningkatkan hubungan. Serius dalam bekerja itu perlu, tetapi saat Anda berada di antara teman kantor, rasa humor sangat dibutuhkan. Gampang diajak bercanda atau melucu tanpa menyinggung perasaan orang, akan menciptakan keakraban satu sama lain.

 

Nah, semoga bermanfaat yaa,,

Happy working everyone.. 🙂

2 thoughts on “Cara Mengatasi Stress saat Bekerja

    1. Semua kembali pada pribadi masing-masing.

      Jika anda masih ingin mempertahankan pekerjaan anda, cobalah mencintai pekerjaan anda dengan enjoy saat menjalankannya. Nikmati dan hadapi di setiap masalah yang ada.

      Namun, Jika dirasa sudah tidak cocok, tidak sesuai dengan hati nurani, selagi ada kesempatan yang lain dan anda berpotensi, mengapa tidak mencoba hal yang baru sesuai pilihan anda.

      Bekerjalah dengan hati, pasti anda tidak akan merasa terbebani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.