Memilih Sepeda Khusus Wanita

Ragam dan jenis sepeda saat ini, sangatlah banyak. Belum lagi aneka varian yang terus bermunculan. Tetapi ada satu hal yang benar-benar perlu dicermati. Apakah sepeda itu cocok untuk anda, kaum wanita?

Menemukan sepeda yang tepat sesuai ukuran tubuh akan sangat memberi kenyamanan ketika anda memulai bersepeda. Tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu toko sepeda dan menemukan sepeda yang benar-benar sesuai, baik secara geometri, ukuran, fungsi dan kenyamanan.

Luangkan waktu. Toko sepeda yang baik biasanya akan menempatkan anda berdiri dengan sepeda (tanpa mengayuh) dan mengambil berbagai pengukuran, melakukan penyesuaian dan seterusnya sampai merasa anda siap untuk tes pendek di dekat toko. Pahamilah bahwa memilih sepeda yang ideal memang akan memakan sedikit waktu, tapi itu akan sepadan dengan kenyamanan anda saat bersepeda nantinya.

Jangan menilai kenyamanan sebuah sepeda pada tahap awal dari sisi empuk tidaknya sadel, produsen sepeda umumnya memasang sadel standar khusus. Sebab, pemilihan sadel sangatlah bersifat personal dan perlu penyesuaian.

Lakukan pemilihan sepeda pada tahap awal ini dengan berkonsentrasi pada bagaimana anda merasa nyaman di posisi handle bar, seberapa baik anda dapat mencapai shiffer dan rem, lutut atau punggung, jangkauan kaki terhadap pedal, dan sejenisnya. Setiap ketidaknyamanan dalam tahap ini berarti anda belum menemukan kesesuaian yang sempurna.

Tak ada salahnya jika anda langsung melakukan pilihan pada sepeda yang sudah dirancang oleh produsen sepeda khususnya bagi wanita. Umumnya sepeda jenis ini (Women Specially Designed bike – WSD) memiliki geometrid an ukuran tertentu yang relatife lebih cocok dan bersahabat bagi ukuran tubuh kaum perempuan.

Karena Anda diciptakan berbeda dari seorang pria, maka sepeda Anda pun harus demikian sebaiknya. Khusus Desain Trek Wanita (WSD) sepeda direkayasa agar sesuai dengan tubuh Anda, menempatkan anda dalam posisi naik lebih alami dengan menyeimbangkan berat badan Anda lebih merata antara pinggul dan tangan. Hasilnya adalah kenyamanan dan keseimbangan control yang lebih baik dan optimalnya efisiensi daya. WSD Nyaman, Titik kontak disesuaikan agar sesuai dengan anatomi wanita.

Sepeda khusus desain wanita berfungsi detail dalam kenyamanan dalam bersepeda terutama kaum wanita. Mengurangi nyeri dengan desain setang sempit menjaga tangan dalam posisi yang lebih alami untuk kontrol yang lebih besar dan mencegah nyeri bahu. Lebih nyaman dengan sadel khusus untuk wanita dengan fitur anatomis kunci dioptimalkan memberikan kenyamanan dan support saat mengayuh sepeda. Mengurangi Kelelahan dengan desain jangkauan tuas pendek dan grip berdiameter kecil yang berukuran sesuai tangan wanita yang lebih kecil. Lebih bertenaga dengan Lengan engkol lebih pendek meningkatkan tenaga untuk kayuhan pedal lebih efisien.

Sepeda tipe WSD dirancang dengan geometri , sesuai dengan torso (tubuh bagian atas) yang lebih pendek. Saat duduk di atas sadel, rem dan shitter lebih mudah. Handling pun bakal lebih mantap. Ini semua disebabkan sepeda ini memiliki reach yang lebih pendek.

Efek menguntungkan lain bisa diperoleh pada bagian punggung yang tidak ikut tertarik ke depan. Punggung pun menjadi lebih nyaman, sementara kedua kaki lebih leluasa untuk mengayuh pedal.

Nah, Selamat memilih sepeda bagi anda,  para wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.