Tips Meminimalkan Kesalahan dalam Bekerja

Selain cerita kesuksesan dalam pekerjaan, ada juga cerita tentang kegagalan kerja. Kegagalan ini bisa jadi karena adanya kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pekerjaannya.

Sebagai manusia, kita tidak mungkin luput dari kesalahan , termasuk dalam pekerjaan. Jika kesalahan itu terjadi sesekali, hal tersebut mungkin masih bisa dimaklumi karena mungkin kemampuan seseorang sudah mencapai batasnya. Namun, kebanyakan kesalahan yang dilakukan bukan kemampuan anda, tetapi lebih mengacu kepada kecerobohan.

Sebut saja beberapa kesalahan itu adalah lupa meletakkan dokumen penting dan prosedur yang berlaku, menghilangkan beras di komputer , salah menghubungi klien, dan keliru mengirim e-mail. Hal ini bisa terjadi karena system kerja anda tidak sempurna, kurangnya koordinasi dan konsentrasi yang terpecah.

Apabila dibiarkan, hal ini bisa menjadi sebuah kebiasaan yang buruk bagi anda. Berikut ini adalah cara menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi di dalam kantor.

Pertama, perbaikilah system kerja anda menjadi lebih teratur. Sistem kerja yang rapi akan membuat anda terhindar dari kesalahan-kesalahan bodoh. Coba buatlah sebuah agenda untuk mengurutkan prioritas kerja anda, dari sejak masuk hingga pulang kerja.

Kedua, lakukanlah koordinasi dengan atasan dan rekan, apalagi jika anda berada dalam satu team. Koordinasi ini mutlak dilakukan agar semua bisa saling mengetahui dan memahami tugas masing-masing dan tidak terjadi kesalahanpahaman.

Ketiga, cobalah untuk selalu memperkaya kemampuan danĀ  ketrampilan dari berbagai macam literature. Bertanya kepada atasan dan rekan yang lebih senior juga membuat anda menambah kemampuan bekerja. Jika anda sudah lebih mahir dan memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup, berbagai kesalahan akan dapat diantisipasi.

Keempat, selalu fokuskan pikiran hanya pada pekerjaan. Konsentrasi yang terpecah dipastikan sangat mengganggu kinerja anda dan hasilnya kesalahan akan mudah terjadi.

Kelima, cobalah untuk selalu terhindar dari stress. Bekerja dalam keadaan stress merupakan salah satu penyebab terjadinya kesalahan dalam bekerja. Apabila ada masalah yang mengganggu, sebaiknya anda selesaikan terlebih dahulu masalah tersebut. Jika hati dan pikiran tenang, pekerjaan akan mudah diselesaikan.

sumber : woman magazine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.