Mau Liburan Akhir Tahun? Trio Gili Bisa Jadi Destinasi Wisatamu!

wisata gili
Akhir tahun sudah di depan mata. Kini saatnya untuk mulai memilih tempat liburan yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Trio Gili atau Gili Tramena yang terletak di Barat Laut Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Gili berarti pulau kecil, sedangkan Tramena adalah singkatan dari tiga pulau yaitu Trawangan, Meno dan Air.

Tidak ada kendaraan bermotor atau mobil di Trio Gili. Karena menurut penduduk lokalnya, paparan atau asap pembakaran kendaraan dapat mengotori kebesihan di pulau tersebut. Alat transportasi disana adalah sepeda dan cidomo (kereta kuda). Sedangkan transportasi untuk menuju pulau-pulau tersebut adalah boat atau speed boat.

Gili Trawangan
gili trawangan
Merupakan pulau terbesar dari Trio Gili. Selama berada disini, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Pantainya yang bersih, berpasir putih, dengan air yang sangat jernih berwarna biru kehijauan. Selain itu, kepariwisataan yang dikelola dengan baik juga menjadi suatu daya tarik bagi wisatawan.Kalian juga bisa bermain olahraga air seperti scuba diving, snorkelling, kayaking, surfing, dll. Yang menariknya lagi, Gili Trawangan juga menyajikan kehidupan malam yang sangat ramai. Ada pasar seni dan juga banyak bar yang anda bisa jumpai di sepanjang jalan.

Gili Air
gili air
Merupakan pulau terkecil kedua dari Trio Gili, yang letaknya paling dekat dari Lombok.Bagi yang menyukai dan mencari ketenangan, disini lah tempatnya. Karena lokasinya jauh dari suara-suara musik cafe atau bar di Trawangan. Gili Air dikelilingi oleh pantai-pantai, namun beberapa diantaranya tidak bisa untuk berenang karena airnya yang dangkal dengan batu karang yang tajam. Disini kita bisa melihat matahari terbit dari gunung Rinjani dan matahari terbenam dari gunung Agung – Bali. Olahraga air yang ditawarkan juga sama seperti Gili Trawangan. Namun disini kita juga bisa mencoba paddleboarding dan kite surfing.

Gili Meno
gili meno
Merupakan pulau terkecil dari Trio Gili, yang letaknya berada diantara Gili Air dan Gili Trawangan.  Disini adalah tempat yang paling tenang diantara dua Gili lainnya. Selain olahraga air seperti snorkelling, scuba diving, dan diving, kita juga bisa berkunjung ke cagar alam untuk burung-burung. Gili Meno juga memiliki sebuah danau kecil yang dangkal dan dapat menghasilkan garam saat musim panas.

 

Artikel oleh Liesela Mariska

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.