Tips Liburan Saat Musim Hujan

liburan di musim hujan

Periode yang ditunggu-tunggu telah tiba. Bagi beberapa orang tentunya sangat melegakan untuk menyambut periode liburan ini. Setelah mengerjakan setumpuk aktifitas selama berbulan-bulan, akhirnya ada waktu luang untuk bersantai dan berlibur.

Namun, di waktu liburan ini pun musim hujan tengah berjalan. Itu berarti anda akan berjumpa dengan hujan dimana-mana. Banyak tempat akan tergolong rawan banjir dan tentu anda tidak mau rencana liburan anda menjadi berantakan bukan?

Akan tetapi, jangan khawatir. Musim hujan bukanlah mimpi buruk dan anda masih bisa menyiapkan rencana dari sekarang. Liburan seperti apa yang bersahabat dengan kantung anda? Tempat apa yang akan bermanfaat, aman, nyaman, dan berkesan untuk anda? Simak tips berikut ini.

TENTUKAN HARI DAN TANGGAL

                Membuat rencana berlibur sangatlah penting. Salah satu hal utama dalam merencanakan liburan adalah menentukan hari dan tanggalnya. Anda tentu tidak ingin bukan berlibur secara spontan? Kalaupun memang anda mau, relakah anda jika tiba-tiba anda terjebak di suatu daerah dan kendaraan pulang ternyata harus ditunggu sampai 2 hari kemudian? Jika ternyata tempat penginapan semua penuh dan anda harus menunggu 3 hari lagi sebelum beberapa pengunjung penginapan pulang? Maka dari itu, pengaturan waktu sangatlah krusial dalam rencana liburan anda.

                TENTUKAN ANGGARAN

                Saat anda ingin berlibur ke tempat idaman anda, anda harus pula mengecek kantung anda sebelumnya dari jauh-jauh hari. Untuk tempat yang ingin anda kunjungi dan tempat penginapan yang ingin anda pesan apakah uang anda sudah cukup? Pilihlah tempat yang cocok dengan budget anda dan hitunglah semuanya sehingga jumlah pengeluaran bisa diperkirakan jelas agar pengalaman liburan anda benar-benar melegakan.

                TENTUKAN TRANSPORTASI

                Tidak mau capek atau repot-repot saat liburan? Anda bisa naik pesawat. Jika rela sedikit capek anda bisa naik bis, kapal, ataupun naik kereta. Tetapi jika anda sekiranya kuat-kuat saja dan cukup bersemangat anda bisa naik kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil. Setiap transportasi tentu berbeda-beda pula biayanya dan yang termahal adalah pesawat karena anda bisa sangat bersantai di perjalanan. Terkadang mobil pun bisa lebih mahal dikarenakan bensin yang sudah naik pula harganya. Jika kendaraan yang anda pillih tepat dengan keinginan anda, rencana anda tentunya akan berjalan dengan lancer.

                LIHAT PAKET LIBURAN

                Jika tempat yang ingin anda kunjungi ternyata tergolong mahal atau cukup berat untuk anda, anda bisa mencari berbagai paket liburan akhir tahun yang tersedia di macam-macam website travelling di internet maupun di agen-agen travel di kota anda. Keuntungan dari memilih paket liburan yang disediakan oleh agen travel online ataupun di kota anda adalah anda tidak perlu mengkhawatirkan objek mana yang akan dikunjungi ataupun penginapannya karena itu semua telah diatur oleh agen travel tersebut.

                PILIH TEMPAT YANG TEPAT

Sudah jelas anda mau kemana? Jika belum, sebaiknya anda mempertimbangkan tempat-tempat tertentu. Contohnya, hindari tempat liburan langganan macet. Alangkah baiknya jika anda pergi ke tempat yang jauh dari keramaian tetapi tetap mengesankan dan indah seperti perdesaan atau wisata budaya lainnya yang masih jarang orang kunjungi. Daerah yang rawan banjir juga patut di waspadai karena sedang musim hujan. Dibandingkan dengan tempat terbuka seperti pantai, gunung, taman bermain, air terjun, kebun binatang, ataupun danau, tempat tertutup akan jauh lebih aman untuk liburan anda seperti contohnya museum, wisata kuliner, dan lain-lain. Anda dapat pula menanyakan kondisi cuaca tempat-tempat tertentu langsung ke BMKG lewat @infoBMKG dari Twitter.

                SESUAIKAN TUJUAN LIBURAN

                Siapa sajakah yang akan ikut bersama anda saat liburan? Sesuaikanlah tempat dan kegiatan dengan orang-orang yang akan menemani anda. Misalkan anda berlibur bersama orang tua, kendaraan dan kenyamanan tempat harus di sesuaikan dengan kondisi orang tua anda. Jika anda berpergian bersama anak anda, jangan lewatkan wahana permainan untuk hiburan anak serta menggabungkan unsur pendidikan dalam liburan anda. Jika bersama teman, lakukanlah musyawarah untuk mendapat hasil akhir rencana yang memuaskan semua pihak.

                BUAT DAFTAR BARANG BAWAAN

                Dalam berlibur, barang bawaan adalah seperti setengah nyawa semua orang. Tanpa barang bawaan yang tepat, liburan bisa menjadi berantakan. Agar tidak lupa membawa barang-barang terpenting yang dibutuhkan, buatlah checklist sehingga anda juga tidak harus terlalu repot membawa banyak barang yang tidak diperlukan karena akan menyusahkan saat berpindah-pindah. Daftar bawaan sepantasnya dimulai dari identitas diri, kartu ATM, charger HP, perlengkapan P3K, dan lain-lain. Lalu bawalah baju ganti terutama pakaian yang mudah kering, alat mandi, obat anti mabuk atau minyak kayu putih, pakaian hangat (jaket, syal, kaus kaki, serta sarung tangan), payung kecil atau jas hujan, sandal atau sepatu tahan air, ataupun selimut untuk kenyamanan saat perjalanan. Sebaiknya anda pun menyiapkan beberapa kantung plastic untuk memisahkan pakaian kotor dan basah dengan yang kering dan bersih. Ada baiknya pula anda membawa bekal dari rumah untuk berjaga-jaga jika lapar.

                JAGA KONDISI KESEHATAN

                Stamina dan kesehatan juga merupakan hal terpenting yang harus anda perhatikan saat berlibur. Alangkah baiknya anda makan dan minum yang menyehatkan sebelum anda berangkat dan selalu minum vitamin untuk terus menjaga kesehatan tubuh anda. Jahe hangat pun dapat diminum malam hari karena di musim hujan malam hari lebih dingin dari biasanya. Jika ada yang kehujanan, sebaiknya langsung mandi dan keramas agar anda, teman anda, maupun anggota keluarga anda jatuh sakit saat liburan.

                BUAT RENCANA CADANGAN

                Dalam berpergian tentunya tidak akan ada yang bisa menjamin segalanya akan berjalan mulus 100%. Bisa saja tiba-tiba tempat yang dituju terhadang oleh longsor, ataupun kejadian dompet hilang yang mengakibatkan anda tidak bisa memesan tempat untuk menginap untuk beberapa hari. Hal-hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya dapat dihindari namun anda bisa mengantisipasi kejadian tersebut dengan membuat rencana cadangan. Buatlah sedetil mungkin dan buat yang kira-kira mungkin terjadi saat anda sedang berlibur. Lebih dari 1 rencana cadangan akan menghasilkan perencanaan liburan yang lebih baik.

Demikian tips merencanakan liburan saat musim hujan. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca dan semoga liburan anda berkesan dan berjalan dengan lancar serta sesuai dengan yang anda inginkan.

 

Artikel oleh Liza Nydea Djohan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.