Kain Tenun Dapat Membuat Para Pria Tampil Fashionable

samuel wattimena

Kain tradisional merupakan aset yang berharga untuk bangsa indonesia, dengan berbagai keunikan yang ada dari kain tradisional ini sudah sepatutnya harus kita jaga bersama keberadaanya. Tingkat kerumitan polanya yang unik menjadikan kain ini semakin bernilai tinggi. Kain tenun merupakan salah satu contoh dari kain tradisional yang membutuhkan penanganan yang tepat dari segi pembuatan, pendistribusian sampai pemasarannya.

Kain tenun juga dapat menjadi ciri dan identitas dari Indonesia di mata internasional seperti layaknya kain batik yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO. Di era modern seperti saat ini kain tenun sudah dapat di olah menjadi busana yang ready to wear, hal ini tidak lepas dari campur tangan para designer berbakat indonesia sudah membuktikan hal ini. Bahwa kain tenun dan kain tradisional lainnya sudah siap bersaing dengan busana modern lainnya.

Keterlibatan banyak pihak menjadi salah satu faktor yang penting dalam hal ini untuk menunjang penggunaan kain tenun menjadi busana ready to wear tersebut. Tidak dapat di pungkiri bahwa indonesia adalah satu satunya di negara yang memiliki teknik terlengkap dalam pengolahan kain tradisional di dunia,seharusnya hal ini dapat di manfaat kan lebih baik lagi penggunannya agar kain tradisional Indonesia tidak hilang di telan jaman.

Salah seorang designer yang sangat menyadari hal ini adalah designer ternama Samuel Wattimena, ia telah berhasil mengolah tenun menjadi busana ready to wear bagi pria tanpa harus takut terlihat berlebihan atau pun tua. Penggunaan bahan yang nyaman di tubuh seperti kaos menjadi salah satu pilihannya. Menurut Samuel kaos adalah salah satu bahan yang pas untuk di kombinasikan dengan kain tenun karena selain nyaman di gunakan kaos juga mudah dalam segi perawatan serta mudah di dapatkan.Kain tenun yang di gunakan oleh Samuel berasal dari bermacam macam daerah di indonesia salah satunya adalah NTT, Maluku, dan NTB. Dengan kombinasi kaos dan kain tenun tersebut di harapkan busana ready to wear ini dapat di minati oleh para pria terutama kalangan pria muda.

samuel wattimena
samuel wattimena, designer “ikat tenun”

Busana ready to wear bagi pria dengan campuran kain tenun sebanyak 30 % ini dapat di jadikan busana untuk kegiatan sehari hari. Dengan di kombinasikan aksesoris seperti jam tangan, kalung dan gelang busana ini dapat menjadikan para pria muda semakin stylist. Kini para pria siap tampil sesuai dengan kepribadian masing masing dengan busana ready to wear yang satu ini, hal ini di karenakan usana ini mudah di sesuaikan sesuai keinginan kita,dan yang pastinya juga mudah di dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Jadi tunggu apa lagi, kini siapkah anda para pria muda tampil gaya dan dengan busana ready to wear dari kain tenun ?

 

Artikel oleh: Indira Nabila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.