Mengatasi Stress

Dalam kehidupan ini, setiap orang pasti memiliki masalah yang berbeda dan juga punya cara dalam menghadapinya untuk mencari solusinya. Walau pada akhirnya ada solusi dalam sebuah permasalahan, namun dalam proses mencari sebuah  jawaban itu terkadang seseorang mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti memikirkan sesuatu yang tak berujung, munculnya rasa panik yang berlebihan jika masalah belum terselesaikan dan segala macam pikiran perasaan yang akhirnya membuat kita stress, tidak tenang, tidak dapat fokus terhadap sesuatu bahkan lebih parahnya mengganggu nafsu makan dan insomnia/susah tidur.

Stres terjadi akibat dari beban pikiran yang tidak kuat ditanggung oleh seseorang terhadap proses pendewasaan diri karena sedang menghadapi tantangan hidup berupa tuntutan, peluang dan masalah hidup tingkat lanjut (next level) yang harus dilalui. Namun sebenarnya, kedewasaan anda dinilai sejauh mana anda dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Menyelesaikan masalah tanpa masalah.  Berikut saya sharing di sini  mengatasi stress  yang perlu anda coba

1.  Selalu Berpikir Positif

Berfikir positif atau Optimisme dapat menangkal dampak negatif stres, ketegangan dan kecemasan.  Jika anda selalu dalam kondisi panik dan berfikir buruk sistem kekebalan tubuh Anda akan diserang. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang selalu positif thinking. Getaran negatif dari orang sekitar  dapat menyebar, sehingga sulit bagi Anda untuk bersantai

2. Tidur

Aktivitas ini bisa dibilang efektif. Mendapatkan tidur nyenyak yang cukup memiliki dampak besar pada tingkat stres Anda. Fungsi kekebalan dan ketahanan terhadap penyakit pun bangkit. Tidur tidak hanya mengurangi tingkat pemulihan Anda. Tapi ingat, ini bisa juga meningkatkan tingkat stres dalam tubuh Anda jika kadarnya berlebih. Jadi, jangan kesiangan bangun tidur, karena ini akan membuat Anda bertambah lesu dalam memuali aktifitas harian anda.

3. Tertawa

Tartawa juga membantu sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Temukan humor dalam hal-hal kecil dan terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda tertawa untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit.

4. Olahraga

Berolahraga secara teratur akan merevitalisasi tubuh dan pikiran dan Anda akan siap untuk menghadapi apa pun. Olahraga teratur dan aktivitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, tetapi juga membantu dalam manajemen stres dengan menyediakan gangguan dari situasi stres dan meningkatkan endorfin (hormone anti stres). Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga 20 menit setiap hari saja sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh anda. Ini akan memperlancar sirkulasi darah anda dan merangsang hormone endorfin.

5. Meditasi

Meditasi sangat bagus tidak hanya untuk menghilangkan stres, tetapi juga untuk relaksasi otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah dan menenangkan fikiran anda. Cobalah mulai sekarang renungkan untuk memanggil energi positif. Caranya mudah, cukup hanya mengambil nafas panjang dan mengosongkan pikiran Anda. Pilihkah tempat yang nyaman dan tenang untuk bermeditasi. Lakukan meditasi 10 menit saja dan reguk manfaatnya.

6. Dengarkan musik

Apakah Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau bersiap untuk hari yang berat di tempat kerja, mendengarkan musik favorit Anda merupakan metode yang bagus untuk mengurangi stres dan menghilangkan kecemasan. Musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi pada saat anda gelisah dan pikiran tegang. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung. Cari tahu apa jenis musik yang bisa membuat anda kembali bersemangat, mengubah mood anda menjadi baik. Kemudian koleksilah musik tersebut untuk membantu Anda rileks dan merasa baik.

7. Pandai-pandailah bersyukur

Bersyukur merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi stress, bagaimana tidak, pada umumnya orang mengalami stress karena tidak kuat dengan beban fikiran dan hal yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya. Dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu  yang  kita peroleh merupakan pemberian dari Allah SWT dan sewajarnya kita menerima dan kita kerjakan dengan keikhlasan.

8. Libatkan indera Anda

Aroma wewangian tertentu dapat memiliki efek menenangkan/relaksasi pada pikiran Anda. Anda dapat mencoba menempatkan lilin aroma terapi lavender, lemon atau chamomile beraroma di rumah atau kantor Anda. Anda juga dapat menggunakan salah satu dari aroma di kamar mandi Anda.

9. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung asam amino, Theanine, yang membantu dalam produksi dan pelepasan bahan kimia yang disebut Dopamin. Kedua Dopamin dan Theanine merangsang perasaan tenang di dalam tubuh. Namun, kafein dapat memperburuk respon stres, jadi  minuman berkafeinseperti teh dan kopi.

10. Pijat

Pijat seluruh tubuh membantu untuk melepaskan ketegangan dan rasa sakit dari stres otot tegang. Jika Anda tidak pernah mengalami dipijat, Anda akan kehilangan salah satu hal paling indah dalam hidup.

11. Makan coklat

Efek dari makan Coklat adalah melepaskan phenylethylamine dalam otak yang menyebabkan perubahan dalam tekanan darah dan tingkat gula darah untuk merasakan kesenangan, meningkatkan mood dan mengurang depresi.

12. Menjalani pola makan sehat seimbang dan Minum Banyak Air Putih

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan menjaga gizi seimbang akan menjaga daya tubuh kita tahan terhadap segala kondisi, terutama dalam konteks ketika kita diterpa banyak fikiran dan masalah, sehingga tidak mudah drop/sakit. Minum banyak air putih lebih baik daripada minuman manis bersoda. Selain menjadikan fikiran kita jernih, hal ini tentu baik dalam menjaga kadar gula darah kita dan ginjal. Tetap jaga kesehatan di segala kondisi anda.

Semoga bermanfaat 🙂

It’s your Life, It’s your fight.

Keep Helathy, Keep Smile, Enjoy your Life..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.