Kebiasaan Ini Membuat Anda Susah Tidur

penyebab susah tidur
penyebab susah tidur
penyebab susah tidur

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan untuk dapat tidur di malam hari? Mungkin Anda melakukan beberapa kesalahan yang membuat mata Anda susah terpejam. Berikut sharingdisini beberapa kebiasaan yang membuat Anda susah tertidur.

Begadang
Siapa bilang waktu tidur itu hanya untuk anak-anak? Perhatikan jadwal tidur Anda, khususnya di akhir pekan. Tubuh kita menyesuaikan dengan rutinitas. Jika waktu tidur Anda tidak teratur — pukul 11 malam selama beberapa hari, lalu begadang sampai jam 1 pagi di hari lain — otak Anda malah akan menjadi tidak siap untuk tidur lebih awal di hari-hari kerja.

Membaca buku di tempat tidur
Membaca sebelum tidur adalah kebiasaan banyak orang. Masalahnya, tubuh Anda akan beradaptasi dengan rutinitas tersebut — tubuh akan menolak godaan tidur sebelum Anda menyelesaikan beberapa bab. Lebih baik duduk nyaman di sofa bila Anda ingin membaca. Tempat tidur seharusnya dibatasi hanya untuk tidur.

Membuka Facebook, game, bahkan nonton film
Kecerahan dari layar komputer / hp / layar tv bisa menstimulasi otak. Ditambah, otak Anda akan sulit berhenti berpikir dan semakin penasaran pada hal-hal menarik di Internet / tv, meski Anda sudah keluar dari situs tersebut. Hindari mengakses internet di malam hari dan matikan komputer Anda, televisi, begitu juga dengan telepon genggam / gadget lain seperti tablet. Berikan diri Anda waktu bebas dari barang elektronik.

Konsumsi Kafein

Konsumsi kafein yang terllau banyak mampu meningkatkan stres, memicu produksi hormon stres – cortisol dari kelenjar-kelenjar adrenal yang bisa meningkatkan level kecemasan, lekas marah, tekanan muscular, salah cerna, insomnia, dan penurunan immunitas. Biasakan tak mengonsumsi banyak kafein di malam hari, terutama mendekati jam tidur. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat dan beberapa minuman soda.

Menghitung domba
Menghitung domba atau teka-teki hanya akan membuat otak Anda bersemangat untuk memecahkan masalah, bahkan semakin penasaran. Ketika tidak bisa tidur, sia-sia saja bila terus berada di tempat tidur. Jika Anda sudah berusaha tidur selama lebih dari 30 menit, National Sleep Foundation menyarankan untuk melakukan sesuatu, seperti membaca hal ringan, minum susu hangat atau mendengarkan alunan musik yang lembut. Aktivitas yang membutuhkan sedikit daya kerja otak akan menenangkan pikiran Anda.Segera kembali ke tempat tidur.

Berolahraga malam hari
Berolahraga di siang hari akan membuat Anda segar selama berjam-jam. Itulah mengapa Anda tidak boleh berolahraga tiga jam sebelum tidur. Aktivitas fisik yang intens akan menaikkan temperatur tubuh dan menambah tenaga Anda — keduanya mengganggu transisi ketenangan dalam tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.